Festival Gamal Dan Bangun SMK Di Desa Pusu, Kabupaten TTS

  • Bagikan

Soe, fokusnusatenggara.com/ 5 Agustus 2019

Melihat potensi para pemuda di Desa Pusu Kecamatan Amanuban Timur yang sangat kreatif ini perlu ditopang dengan sebuah lembaga pendidikan menengah. Karena itu akan didirikan sebuah sekolah menengah kejuruan ( SMK ), khusus jurusan pertanian dan pariwisata.

“ Wilayah ini sangat potensial alamnya dari sisi pertanian dan pariwisata. Karena itu tahun 2020 mendatang potensi ini akan diberdayakan dengan mendirikan sebuah SMK khusus untuk jurusan pertanian dan pariwisatra ,” kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika menghadiri acara Peresmian Sarana Air Bersih di Desa Pusu, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten TTS ( 3/80.[sc name=”BACA”]

Baca Juga :  Soal Polemik SK Teda Malaka, Refafi Gah : Pemimpin Itu Harus Mengayomi

Untuk merealisasikan pembangunan SMK ini, Gubernur Viktor minta Kepala Dinas Pendidikan untuk segera menyiapkan semua persyaratan berkaitan dengan pendirian sebuah SMK.

“Pak Kadis Pendidikan, tolong siapkan semua yang berhubungan dengan pembangunan ini, siapkan anggarannya, koordinasi dengan perangkat Desa dimana lokasinya, agar tahun depan pembangunannya sudah bisa dikerjakan “, sambung Viktor Bungtilu Laiskodat.

Alasan mendasar lainnya untuk mendirikan sebuah SMK dengan jurusan pertanian dan pariwisata jelas Gubernur Viktor karena dalam perjalanan ke Desa Pusu terlihat hamparan hamparan pohon gamal dengan bunganya yang luar biasa indahnya.

Baca Juga :  Bupati Gideon Apresiasi Kinerja Polres Sumba Timur

“Tadi dalam perjalanan ke tempat ini, saya liat hamparan pohon gamal dengan bunganya yang luar biasa indah. Saya minta pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan desa ini untuk buatkan festival gamal, semeriah mungkin. Siapkan seribu penari untuk menyambut tamu yang datang.Saya pastikan ini akan sangat menarik. Buat apa kita habiskan uang berjuta – juta rupiah untuk melihat bunga sakura di Jepang. Sementara di daerah kita sendiri memiliki pohon gamal yang tidak kalah indah. Bahkan lebih indah dibanding yang ada di Jepang ,” ujar Viktor Bungtilu Laiskodat.

Gubernur Viktor juga meminta untuk dibuatkan Vila dilokasi ini agar para tamu bisa bermalam. “Buatkan vila di tempat ini, agar pengunjung tidak kembali ke kota. Mereka bermalam di vila, siapkan chef (tukang masak) yang hebat, apalagi sekarang sumber air sudah dekat, kita tidak akan kesulitan lagi dalam menyiapkan sayur -sayuran”, lanjut Viktor.

Baca Juga :  Masyarakat NTT Harus Hindari Kekerasan Atas Nama Agama

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Viktor juga berjanji untuk membangun sebuah SMK di desa ini. ” Sebagai gubernur saya berkomitmen untuk membangun sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di desa ini, khusus jurusan Pertanian dan Pariwisata”, kata Viktor Bungtilu Laiskodat.

  • Bagikan