Fary Francis, Ketua Komisi V DPR RI : Kami Belum Bahas Soal Palmerah

0 34

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Ketua Komisi V DPR RI, Fary Francis menegaskan, sampai saat ini Komisi V DPR I belum membahas alokasi anggaran untuk pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah, yang menghubungkan Pulau Larantuka dan Adonara- Nusa Tenggara Timur (NTT).

francis“Kami belum bahas soal anggaran Palmerah. Bahkan untuk tahun 2016,” tegasnya kepada wartawan dalam sesi jumpah pers di Restoran Nekamese, Jumat (20/11/15) pekan lalu.

Belum dibahasnya alokasi anggaran untuk pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah tersebut, menurut Francis, lantaran usulan dari pemerintah Provinsi NTT belum sampai kepada pemerintah pusat untuk dibahas di DPR RI. Bahkan dirinya juga belum mengetahui akan rencana pembangunan ini.

“ Belum ada usulan dari Kementrian PU kepada Komisi V untuk dibahas. Bahkan saya sendiri belum tau soal rencana tersebut,” jelasnya.

Namun demikian, dirinya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTT, yang sudah melakukan perencanaan terkait pembangunan jembatan ini. Menyangkut soal besarnya anggaran yang mencapai nilai Rp. 5.1 Trilliun menurut Francis sangatlah besar. Untuk itu butuh kajian yang komperhensif terkait rencana ini.

Francis juga mencontohkan, Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura saja membutuhkan kajian dan waktu yang sangat lama. Bahkan ada rencana pemerintah pusat untuk membangun Jembatan yang menghubungkan Jawa dan Sumatera yang juga sudah diwacanakan dari belasan tahun lamanya, tetapi hingga saat ini belum direalisasi.

“ Suramadu saja butuh waktu lama hinga realisasi.  Bahkan rencana pembangunan jembatan untuk hubungkan Jawa dan Sumatera, sudah dari dulu tetapi belum direalisai, karena masih lakukan kajian soal manfaat dan anggaran,” jelasnya. (FaTur)

 

Comments
Loading...