Dua Desa Di Amfoang Timur Jadi Lokasi TMMD Ke 105 Tahun 2019

0 58

KUPANG, fokusnusatenggara.com / 23 Juni 2019

Sebanyak dua di Desa di Wilayah Kecamatan Amfoang Timur akan menjadi lokasi di laksanakannya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Tahun 2019 ini. Kedua Desa itu adalah Netemnanu Utara dan Nunuana yang lokasinya berbatasan langsung dengan Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Sesuai siaran Pers Humas Pemerntah Kabupaten Kupang ( 23/6), menyebutkan hasil rapat koordinasi teknis ke 105 tahun 2019 yang dilangsungkan di Kodam IX/Udayana Denpasar Bali, Kamis (20 Juni 2019) itu dihadiri langsung Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe. Dia didampingi didampingi Kepala Dinas Sosial Yohanis Masneno dan kepala Dinas PMD Charles Pandie.

“ Kami menyambut baik dan mengapresiasi pihak TNI yang dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), mengalokasikan dana dan kegiatan untuk dua Desa di Kabupaten Kupang. Kami dari Pemkab akan mendukung sepenuhnya ,” kata Jerry Manafe.

Dia mengatakan dukungan dan peran serta TNI dalam membangun bangsa sangat penting. “ Inilah fakta bahwa TNI itu tidak saja mengurus keamanan dan kedaulatan Negara tetapi bersinergi dengan rakyat. Karena itu kami harapkan lewat kegiatan TMMD ini semakin meningkatkan semangat membangun dan rasa Nasionalisme ditengah-tengah masyarakat ,” jelas Jerry Manafe.

Dia menyebutkan beragam kegiatan yang dilangsungkan di Kecamatan Amfoang Timur dalam TMMD ke 105 Tahun 2019 diantaranya kegiatan fisik dan kegiatan non fisik. Seperti pembangunan Rumah Gereja Santo Paulus dan rumah Pastor Paroki, penyuluhan wawasan kebangsaan, kesadaran Hukum, imunitas bangsa dan lainnya.

“ Jadi untuk menyukseskan kami dari Pemkab Kupang bersama masyarakat di Kecamatan Amfoang Timur akan berpartisipasi penuh sesuai kemampuannyang ada untuk mendukung sinergitas saudara kita dari TNI dalam kegiatan TMMD ke 105 Tahun 2019 ,” ujar Jerry Manafe.

Sementara Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto dalam rakornis itu menjelaskan peranan TNI sangat strategis dalam mendukung kemajuan pembangunan bangsa Indonesia. TNI merupakan bagian dari rakyat, manunggal bersama rakyat, ada dan hadir melayani masyarakat.

Menurut Mayjen Benny Susianto, kegiatan TMMD ke 105 tahun 2019 ini akan dilaksanakan di 76 Desa, 52 Kecamatan di 50 Kabupaten/Kota menjadi titik pelayanan. Diantaranya 4 Kabupaten yang ada dalam wilayah Kodam IX/Udaya antara lain Kabupaten Kupang di Amfoang Timur, Kabupaten Alor Provinsi NTT dan Kabupaten Lombok Timur , di Provinsi NTB dan Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Secara nasional menurut Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, kegiatan Rakornis TMMD ke 105 ini akan dibuka secara langsung oleh Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Oleh Letjen Andika Perkasa di Mabes TNI Jakarta dan diikuti lewat Video Conference oleh Seluruh Kodam se-Indonesia.( Pah ).

Comments
Loading...