DPRD Minta Pemerintah Segera Atasi Krisis Air Bersih Di Bokong

0 63

OELAMASI,fokusnusatenggara.com- Pihak DPRD Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mendesak pemerintah setempat agar segera mengatasi krisis air bersih di Desa Bokong, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang. Sikap ini diambil menyusul surat pengaduan dan keluhan yang disampaikan warga setempat.

“ Kita minta agar pemerintah segera sikapi persoalan krisis air bersih yang dialami warga Bokong.IMG-20160715-WA0013 Sebab kalau kondisi ini dibiarkan  masyarakat akan semakin menderita, bahkan bisa kehilangan nyawa karena tidak adanya kebutuhan air bersih yang cukup,” tegas Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede, Rabu, 20 Juli 2016 siang tadi.

Menurutnya, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB), Dinas Sosial, harus merespon kondisi ini, dengan manyalurkan bantuan air bersih melalui mobil tangki, serta memanfaatkan bak penampung yang ada di rumah warga.

“ Dinas terkait harus segera turun lokasi untuk bantu masyarakat. Jangan tunggu sampai ada yang meninggal baru direspon,” pintanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Warga Dusun IV Naitoel, Desa Bokong, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah lima bulan terakhir ini, harus rela mengkonsumsi air kubangan sungai. Pasalnya, Kekeringan dan terbatasnya pasokan air bersih menjadi penyebab utama. (Baca : Warga Desa Bokong Konsumsi Air Kubangan- http://www.fokusnusatenggara.com/lintas-ntt/warga-desa-bokong-konsumsi-air-kubangan).

Bahkan air yang dihasilkan dari sisa rembesan kubangan tidak serta merta langsung dikonsumsi. Setelah ditimba, air tersebut harus didiamkan selama 30 menit, agar semua kotoran mengendap lalu disaring, kemudian dimasak untuk konsumsi. (Jeremi Mone)

Comments
Loading...