DOB Adonara Dan Kota Maumere Tunggu Keputusan Mendagri

0
897
Loading...

SilvesterKUPANG,fokusnusatenggara.com- Usulan rencana pemekaran Kabupaten Adonara dari Kabupaten Flores Timur dan Kota Maumere dari Kabupaten Sikka menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), saat ini hanya tinggal menunggu keputusan Menteri Dalam Negeri.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Tata Pemerintahan (Biro Tatapem) Setda Provinsi NTT, Silvester Banfatin, kepada fokusnusatenggara.com pagi tadi. Menurutnya, progress usulan pemekaran 2 daerah tersebut saat ini sisa menunggu keputusan dari DPRD NTT, untuk selanjutnya menjadi bahan rekomendasi ke Menteri Dalam Negeri.

Selain itu, untuk 2 daerah lainnya yakni DOB Pantar dari Kabupaten Alor dan Amanatun dari kabupaten Timor Tengah Selatan belum bisa diproses secara bersama karena baru diusulkan pada Oktober 2014.

“ Pantar dan Amanatun tidak bisa sepaket dengan Adonara dan Kota Maumere karena berkasnya baru dimasukan Oktober kemarin dan sedang dalam proses verifikasi,” jelasnya.

Untuk kelengkapan berkas dokumen dua DOB baru, yakni DOB Adonara dan DOB Kota Maumere, oleh pemerintah pusat dinyatakan telah lengkap sehingga pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri telah mengajukan ke DPR dan DPD untuk disetujui dan ditetapkan.

Menurut Banfatin, bila DPR RI dan DPD RI telah menetapkan kedua wilayah itu menjadi Daerah Otonomi Baru melalui Undang-Undang, maka pemerintah berkewajiban membuat Peraturan Pemerintah.

Selain empat kabupaten yang akan dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru, kabupaten lain yang juga akan dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru yakni DOB Amfoang yang dimekarkan dari kabupaten Kupang.

Sementara untuk rencana pemekaran Provinsi Flores, menurut Banfatin masih dalam tahap perencanaan karena dilakukan kajian oleh tim yang dibentuk Kementrian Dalam Negeri. (Laporan :Iskandar Mansyur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here