Dispendukcapil Siagakan Petugas 24 Jam Cetek KTP –E.

0 67

Kupang, fokusnusatenggara.com / 28 Januari 2020

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dispendukcapil ) Kota Kupang, Senin 27 Januari 2020 membuat terobosan menyiagakan petugas selama 24 jam untuk mencetak KTP – E warga yang selama ini belum terlayani.

“ Kalau selama ini ada keluhan dalam pelayanan KTP-E yang tidak lancer itu karena masalah ketiadaan blanko. Sekarang sudah ada. Jadi kami berupaya melayani yang selama ini masuk daftar tunggu. Kami buat terobosan ini dengan menyiagakan petugas melayani dari pukul 08.00 – 24.00 Wita ,” kata Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang, Agus Ririmase di Kantornya ( 27/1).

Dia menyebutkan terobosan ini dibuat karena pihaknya telah mendapatkan 4000 Blanko KTP-E dari Direktorat Jenderal Kependudukan Kementrian Dalam Negeri.

“ Kami mendapatkan jarah 4000 blanko KTP –E dari Kementrian dalamn negeri. Saya yangjemput dan membawa ke Kupang. Dengan demikian kami berupaya melayani masyarakat yang selama ini masuk daftar antre. Kami harapkan dengan adanya ketersediaan blanko ini ini secara perlahan pelayanan kepada masyarakat bisa teratasi ,” jelas Agus Ririmase.

Lebih lanjut Agus menyebutkan dalam waktu dekat ini juga pihaknua akan mendapatkan lagi kuota blanko yang lebih banyak. “ Dalam waktu dekat ini juga kami akan mendapatkan blanko dari Jakarta. Sedikitnya 15.000 blanko. Karena itu kami minta masyarakat bersabar ,” ujarnya.

Agus Ririmaase yang juga memegang mike sambil melayani masyarakat yang antre untuk memproses KTP-E ini juga menghimbau agar mengihindari calo atau pihak lain yang tidak berkepentingan untuk mengurus KTP –E atau admistrasi kependudukan ini.

“ Beta ( Saya ) saya minta Bapak, Mama bersaudara agar datang mengurus sendiri. Tidak boleh melalui pihak lain termasuk ketua RT atau RW. Dan yang lebih fatal lagi melalui Calo dengan cara memungut uang dari Bapak Mama bersaudara. Beta minta hindari ini ,” kata Agus Ririmase.

Karena sesuai ketentuan tegas Agus Ririmase, mengurus administrasi kependudukan apa saja di kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil ( Dispendukcapil ) kota Kupang, semuanya gratis.

“ Selama ini kami sering disoroti bahwa ada sejumlah calo bergentayangan di kantor. Syukur kita sudah berhasil dan tidak ada lagi calo –calo itu. Kami juga telah mendapat penghargaan dari lembaga Ombudsman atas kinerja kerja dengan nilai hijau ,” kata Agus Ririmase, seraya menambahkan sampai malam ( 27/1) sudah berhasil mencetak 1.324 KTP -E. ( Usif).


Reporter: Usif


Comments
Loading...