Desa Latonliwo I Dideklarasikan Menjadi Desa STBM.

0 59

Larantuka, fokusnusatenggara.com / 23 September 2029

Bupati Flores Timur Antonius Hadjon telah mendeklarasikan Desa Latonliwo I Kecamatan Tanjung Bunga menjadi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan sekaligus meresmikan Gedung Kantor PKK Desa Latonliwo I.

Desa yang terletak di ujung timur “kepala” Pulau Flores Itu, resmi menjadi Desa STBM pada hari Sabtu, 21 September 2019, yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti STBM dan prasasti Gedung Kantor PKK Desa Latonliwo I oleh Bupati Anton Hadjon serta penyerahan sertifikat yang diterima oleh Kepala Desa Latonliwo I.

Dalam arahannya Bupati Anton Hadjon mengatakan deklarasi ini bukan titik akhir. Karena itu setelah ini harus bisa dilaksanakan oleh segenap warga masyarakat yakni melaksanakan pola hidup Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Tapi ini penting untuk kita menyatakan yang paling penting adalah bagaimana setelah hari ini, kita melaksanakan pola hidup STBM, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ,” kata Anton Hadjon

Dia menyebutkan sesuai penilaian tim terpadu, Desa Latonliwo I telah memenuhi syarat menjadi desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), sehingga dideklarasikan.

“ Hari ini saya dan rombongan datang disini untuk mendeklarasikan Desa Latonliwo I sebagai Desa STBM, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Deklarasi ini karena melalui penilaian tim, desa ini sudah memenuhi syarat menjadi Desa STBM ,” kata Anton Hadjon.

Lebih lanjut Bupati Antonius menegaskan agar setelah dideklarasikan sebagai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat harus melaksanakan lima pilar yakni pertama, stop buang air besar sembarangan, kedua cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga.
“ Berikutnya harus dilaksanakan pengelolaan sampah rumah tangga yang sehat dan limbah cair rumah tangga. Jika kelima pilar ini dilaksanakan dengan baik, pasti derajat kesehatan masyarakat Desa Latonliwo I akan menjadi baik bahkan akan yang terbaik ,” ujar Anton Hadjon.

Hadir mendampingi Bupati Anton Hadjon pada acara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Flores Timur, Ny. Lusia Hadjon, Kadis Kesehatan, dr. Agustinus Ogie Silimalar, Kabag Humas Setda, Herry Lamawuran, dan Camat Tanjung Bunga. ( Usif).


Reporter: Usif


Comments
Loading...