Dermaga Kewapante Putus Diterjang Gelombang

Dermaga Kewapante Putus Diterjang Gelombang

- in Lintas NTT
454
0
Loading...

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Dermaga penyebrangan Fery Kewapante, Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), rusak diterjang gelombang laut pada Kamis, 9 Februari 2017.

Selain gelombang laut yang tinggi, faktor konstruksi bangunan yang tidak kompeten ditengarai sebagai penyebab ambruknya dermaga tersebut. Pasalnya, dermaga tersebut usinya belum genap setahun, pasca diresmikan Menteri Perhubungan, Ignas Djonan pada 9 Juni 2016 lalu.

“ Memang gelombang sangat tinggi di wilayah utara perairan Flores. Bahkan tingginya sampai 5 meter. Ini menjadi penyebab rusaknya dermaga ini,” ungkap Heri Ngiso, Staf Teknis Dinas Perhubungan Provinsi NTT yang ditemui wartawan dii lokasi kejadian pagi tadi.

Namun demikian, tandas Ngiso. Saat ini dirinya hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa putusnya dermaga ini akibat tingginya gelombang laut. Terkait soal konstruksi, dirinya menyerahkan kepada pihak teknis yang membidangi hal tersebut.

“ Kesimpulan saat ini penyebab utama adalah hantaman gelombang. Soal konstruksi kita serahkan kepada pihak teknis,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dengan kondisi kerusakan ini, tidak menggangu aktifitas bongkar muat di dermaga. Pasalnya, kerusakan parah hanya terjadi di areal  Cat Walk, yang merupakan areal pejalan kaki menuju bangunan induk dermaga.

Disaksikan fokusnusatenggara.com, selain satu sisi dermaga yang sudah runtuh, bangunan di bagian kiri pun sudah terlihat miring dan terancam ambruk. Sementara sisi kanan dari dermaga yang putus masih tegak berdiri. Saat gelombang tinggi, bangunan dermaga hampir tidak terlihat akibat tertutup gelombang.

Laporan : Jhon Da Gomez

Loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *