Daerah Irigasi Benenain Sangat Membantu Realisasi Program RPM

46

BETUN,fokusnusatenggara.com- Keberadaan Daerah Irigasi (DI) Benenain di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dampaknya sangat besar terhadap realisasi program primadona Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran, yakni Revolusi Pertanian Malaka (RPM).

Bahkan DI Benanin dengan luas mencapai hampir 10 ribu hektar dengan kecepatan debit air sebesar 13 meter kubik per detik tersebut, sangat membantu tiga kecamatan di Kabupaten Malaka, yakni Malaka Tengah, Malaka Barat dan Weliman, dalam pemanfaatan air untuk kebutuhan pertanian dan perkebunan.

“Jadi untuk kami di Malaka, terutama daerah yang dilalui aliran sungai benenain, tidak perlu tunggu hujan untuk tanam. Sebab dengan adanya air yang melimpah, masyarakat bisa mengolah lahan secara maksimal,” ujar Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran, dalam sebuah kesempatan wawancara dengan media beberapa waktu lalu.

Dengan air yang melimpah ini, tandasnya, pola pengaturan sisa diserahkan kepada dinas teknis terkait. Dimana Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) wajib mengatur dengan baik, agar aliran air bisa dinikmati dengan adil dan merata oleh semua warga.

“ Air sudah melimpah, sisa PUPR jalankan fungsi pengaturan dengan baik, agar bisa dinikmati dengan adil dan merata oleh masyarakat,” ungkapnya.

Terkait dengan pola pengaturan air ini, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Malaka, Yohanes Nahak membenarkan hal tersebut. Dijelaskannya, selain mengontrol jalannya pembagian air, dengan adanya reklamasi Bendungan Benanin oleh Kementerian PUPR, diharapkan bukan hanya tiga kecamatan yang menikmati air Sungai Benenain, tetapi kecamatan lain seperti Kobalima dan Wewiku bisa merasakan hasil dari Air Benenain.

“ Kita harap dengan rekalamsi ini, bisa dinikmati juga oleh warga di Kobalima dan Wewiku,” katanya kepada wartawan di Betun, Jumat, 24 Juli 2020.

Ditambahkannya, saat ini wilayah kabupaten Malaka memasuki musim tanam tahap kedua. Sebagai langkah atisipasi, pihaknya akan mengontrol ketat pembagian air, agar berjalan adil dan merata sehingga berdampak pada produkvitas panen nantinya.

Berdasarkan data yang dimiliki redaksi, selama hampir lima tahun kepemimpinan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran, telah dilakukan pengadaan 125 mesin pompa air, yang dibagikan kepada kelompok tani di beberapa kecamatan. Tujuan dari pembagian ini untuk meningkatkan hasil panen masyarakat dalam menunjang Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM). (adv/fatur)

Comments
Loading...