Bupati TTS Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Bencana

0
49
Bupati TTS, Epy Tahun
Loading...

Soe, fokusnusatenggara.com / 12 Januari 2020
Mencermati perubahan cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, maka perlu disiapkan personil dan peralatan untuk melaksanakan siaga bencana. Keterlibatan unsur TNI-POLRI dan ormas dalam kesiagaan bencana menjadi penting guna meminimalisir dalam dari bencana alam yang terjadi.
“ Untuk itu kita perlu mempersiapkan diri dan siaga menghadapi dampak iklim yang tidak bersahabat ini. Untuk itu perlu adanya kesiapan personil dan peralatan guna mengantisipasi bencana alam yang terjadi. Begitu ada laporan bencana, anggota langsung berangkat dari Posko untuk menangani ,” kata Bupati Timor Tengah Selatan ( TTS ) Epy Tahun saat menjadi Irup memimpin apel kesiapan penanganan bencana tahun 2020 bertempat di lapangan hitam Polres TTS ( 11/1).
Lebih lanjut Bupati Epy Tahun meminta dukungan semua komponen untuk memberikan bantuan secara cepat dan tepat apa bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam.
“ Saya minta agar semua kita yang tergabung dalam Posko siaga bencana ini benar –benar siaga penuh. Siap bekerja membantu begitu ada laporan bencana. Harus memberikan bantuan secara cepat dan tepat apa bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam ,” jelas Epy Tahun.
Bupati Epy juga menghimbau masyarakat Kabupaten TTS guna mengantisipasi dampak bencana. Pertama masyarakat dihimbau tidak berpergian saat sedang hujan dan angin kencang. Kedua, saat hujan deras, masyarakat dihimbau tidak berteduh dibawa pohon besar.
Ketiga, masyarakat dihimbau tidak menggunakan handphone saat hujan disertai petir. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah sambaran petir. Ke empat, masyarakat dihimbau untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di saluran air karena bisa menyebabkan saluran air tersumbat. Kelima, apa bila terjadi bencana alam, masyarakat dihimbau untuk segera melaporkan peristiwa tersebut kepada pemerintah setempat.
” Jika ada bencana segera koordinasi dengan pemerintah setempat agar selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke tingkat Kabupaten. Dengan demikian begitu menerima laporan tim dari Kabupaten bisa turun untuk melakukan penanganan ,” pinta Bupati Tahun.
Hadir dalam apel siaga bencana ini, Wabup TTS, Army Konay, Kapolres TTS AKBP Ariasandy Kejari TTS, Fachrizal, Wakil Ketua DPRD TTS, Religius Usfunan, Pasi Ops Kodim 1621 TTS Kapten Inf Syarif Rahman beserta anggota Kodim 1621 TTS, Perwakilan dari Pengadilan Negeri Soe, Perwakilan dari Pol PP.


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here