Bupati Sumba Barat Koordinasi Dengan Kementerian ESDM Soal Penyerahan Aset

0 59

KUPANG, fokusnusatenggara.com / 14 Juli 2019
Bupati Sumba Barat, Niga Dapawole Juma 12 Juli 2019 melakukan koordinasi dengan pihak Kementrian ESDM di Jakarta. Koordinasi ini kaitan dengan serah terima aset kementrian ESDM di Sumba barat kepada Pemkab.
Pertemuan tersebut dipimpin oleh Direktur Bio Energi Andriah Feby Misna. Pada kesempatan itu, Andriah Feby Misna menyampaikan bahwa dengan dikeluarkannya surat dari Kementerian Keuangan tentang Persetujuan Hibah Barang Milik Negara selain tanah dan atau bangunan pada kementerian ESDM maka perlu untuk segera dilakukan serah terima aset ke daerah agar dapat dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat.

“ Jelas pasti akan dihibahkan kepada Pemkab Sumba Barat. Namun sebelum serah terima harus segera dicek, dipastikan bahwa alat tersebut dapat dimanfaatkan serta kelangsungan operasionalnya dapat berjalan dengan baik ”, ungkap Andriah Feby Misna.
General Manajer PT. PLN Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa PT. PLN siap melaksanakan kerjasama pengoperasian PLTBm dengan Pemda Sumba Barat. Konsep Pola kerjasamanya akan didiskusikan secara internal oleh pihak PT. PLN dan akan disampaikan kepada Ditjen EBTKE pada minggu pertama bulan Agustus2019.
“Pada prinsipnya PT. PLN mendukung dan mengharapkan adanya pembangkit listrik baru utk melayani masyarakat NTT umumnya dan Sumba Barat Khususnya”, ujar Ignatius Ignatius Rendroyoko.

Sementara itu Robiatna Fanhar yang hadir mewakili pihak PT. Usaha Tani Lestari mengatakan bahwa pihaknya telah menanam Kaliandra sebagai bahan baku pembangkit PLTBm seluas 40Ha. “Untuk selanjutnya pihak UTL menunggu kepastian kontrak jangka panjang minimal 10 tahununtuk eksoansi dan penanaman kembali tanaman Kaliandra , kata Robiatna Fanhar.
Bupati Sumba Barat Niga Dapawole kepada fokusnusatenggara.com membenarkan bersama instansi terkait termasuk pihak PLN telah menemui pihak Kementrian ESDM. “ Saya bersama teman –teman telah bertemu pihak kementrian ESDM. Kami diterima Direktur Bio Energi Andriah Feby Misna. Tujuan kami meminta penjelasan hibah asset. Ternyata kami dilayani. Hanya perlu dicek kesiapan asset tersebut sebelum diserahkan ,” kata Niga Dapawole.

Menurut Bupati Niga Dapawole, pihaknya ke Jakarta untuk meminta kepastian soal penyerahan aset yakni PLTBm di Bondosula. Mereka dari pihak Kementrian ESDM sudah mengiyakan. Hanya saja sebelum dilakukan serah terima aset maka harus didahului pengecekan secara bersama dilapangan tentang Kondisi PLTBm di Bondosula, apakah masih sesuai dengan Pengadaan Awal atau tidak”, tegas Niga Dapawole.
Dalam pertemuan di Kementrian ESDM di Jakarta itu, Bupati Niga Dapawole didampingi Kepala BKAPD Drs. Daniel Pabala, Kepala Dinas PUPR Ir. Fredy Gah, Kabag ESDM dan Kehutanan Ir. Umbu Yappu Dapa Mede,Kabag Humas dan Protokol Ridho Samani, Kabid IPW Bappeda Yopi Malingara, S.STp. ( Isto)


Reporter: Isto


Comments
Loading...