Bupati Kupang Buka Forum Konsultasi Rancangan Publik RPMJ

0
410
Loading...

Kupang, fokusnusatenggara.com / 6 Agustus 2019

Seorang Aparatur Sipil Negara ( ASN ) harus meningkatkan integritas, kapasitas dan profesionalismenya dalam melayani masyarakat. Terutama untuk meningkatkan untuk derajat kesehatan, keterampilan, pendidikan masyarakat.

Saya harappkan seorang ASN harus senentiasa berusaha meningkatkan intergritas, kapasitas dan profesionalisme sesuai tupoksinya untuk menyukseskan program pembangunan Kabupaten Kupang yakni Revolusi 5 P ,” kata Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya ketika membuka acara Forum Konsultasi Publik (FKP) Ranwal RPJMD Kabupaten Kupang tahun 2019-2024 ( 5/8).

Revolusi 5 P ini jelas Korinus Masneno, walau belum setahun dicanangkan namun hasilnya secara perlahan mulai Nampak di masyarakat.

“ Saya harapkan semua pihak yang mengikuti forum konsultasi publik ini, baik OPD, ASN, LSM dan pihak lain yang hadir harus serius membahas hal –hal yang berkaitan dengan program revolusi 5 P. Ini demi peningkatan produktifitas pada sektor Pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata (5P) dalam mewujudkan Visi Kabupaten Kupang ,” jalas Korinus Masneno.

Karena melalui revolusi 5 P sebut Bupati Korinus akan bermuara pada satu tujuan yakni untuk mencapai terwujudnya masyarakat Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera. “ Untuk itu saya harapkan semua pimpinan OPD, DPRD, LSM harus benar –benar serius membahas hal –hal teknis untuk menyukseskan visi misi teruwujudnya program revolusi 5 P ,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Korinus menyatakan visi pembangunan Kabupaten Kupang melalui revolusi 5 P akan bermuara kearah 3 frasa yakni Kupang Maju, Kupang Mandiri dan Kupang Sejahtera. “ Kita harus bekerja keras mewujudkan tiga frasa ini. Harus dilakukan perubahan struktur ekonomi dengan konsep berpikir, bertindak dan kreatif dalam mengoptimalkan potensi asli daerah ,” harap Korinus Masneno.

Karena forum konsultasi publik jelas Korinus Masneno merupakan kegiatan strategis yang wajib dilaksanakan dengan tujuan menyatukan ide, gagasan dan semangat pemangku kepentingan di daerah sesuai dengan amanat UU No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan Nasional.

“ Saya harapkan semua menyatukan konsep dan gagasan yang brilian untuk mewujudkan tiga frasa dari program revolusi 5 P ini. Karena revolusi 5 P menjadi semangat dan nilai perubahan kolektif dalam mengembangkan dan meningkatkan produktifitas daerah secara revolusioner pada 5 bidang unggulan,” jelas Korinus Masneno.

Sementara Wakil ketua DPRD Kabupaten Kupang Anis Mase dalam sambutannya mengatakan DPRD sebagai mitra pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pembangunan khususnya yang termuat dalam RPJMD tahun 2019-2024.

“ Kami dari DPRD berharap lewat kegiatan forum konsultasi RPJMD Kabupaten Kupang tahun 2019-2024 ini dapat menghasilkan rencana pembangunan dan program terbaik dalam memajukan Kabupaten Kupang. Perlu juga kolaborasi dan sinergi diantara semua komponen yang ada baik DPRD, LSM dan sebagainya demi menghasilkan pembangunan terbaik ,” kata Anis Masneno.

Sedangkan Kepala Bappeda Kabupaten Kupang Marthen Rahakbauw dalam laporannya menyatakan Forum Konsultasi Publik sebagai kesatuan sistem perencanaan pembangunan dan merupakan tahap awal merumuskan dan menajamkan isu strategis, permasalahan dan sasaran strategis dari Ranwal RPJMD. “ Lewat kegiatan ini diharapkan menjadi sarana sosialisasi awal RPJMD ,” kata Marthen Rahakbauw. ( Usif).


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here