Bupati Belu Tanam Bawang Perdana Di Fatuketi

0 52

ATAMBUA,fokusnusatenggara.com- Bupati Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Willybrodus Lay melakukan tanam perdana bibit bawang merah di atas lahan seluas satu hektare milik Kelompok Tani Rukun Atap di dusun Nera, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kamis (31/03/2016).

Tanam-Bawang-500x331Gebrakan perdana ini sebagai bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Belu, akan kondisi masyarakat di desa tersebut, yang terancam gagal panen dan gagal tanam.

Dalam sambutannya, Bupati Belu mengemukakan, wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak yang terletak di pesisir pantai Atapupu dilanda kekeringan terparah. Akibatnya, petani mengalami gagal tanam, tumbuh dan panen baik itu jagung serta padi.

“Ini kekeringan terparah, kita tetapkan gagal tanam, tumbuh dan panen dan ini bencana besar bagi masyarakat Belu khususnya di wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak,” ujar dia.

Ditegaskan, kita harus keluar dari kondisi buruk ini. Dan kita tidak boleh duduk diam berpangku tangan saja. Tapi harus koordinasi dengan wakil rakyat serta jajaran instasi terkait guna menghasilkan satu terobosan yang baik.

“Seperti hari ini, kita coba alternatif lain setelah gagal tanam, jagung dan padi yakni mencoba menanam bawang merah tub-tub di atas lahan yang kosong,” ucap Lay.

Ditambahkan, selain bawang merah akan ada juga bantuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dampak gagal tanam dan panen yakni bantuan ubi ungu dari anggota DPD RI I.A Medah.

Sementara itu Anggota DPD RI, Ibrahim.A Medah menyampaikan apresiasi buat Bupati Belu yang sangat tanggap dengan kondisi kekeringan yang ada. Terkait kondisi tersebut dirinya siap membantu bibit ubi ungu bagi masyarakat di Desa Fatuketi.

“Ini bukan dipikirkan tapi langsung aksi nyata. Ini pemimpin yg ideal punya tanggunjawab melihat masalah langsung mengambil sikap. Hari ini langkah yang benar tidak bisa tanam jagung, padi tapi tanam bawang,” kata Medah. (Humas Kabupaten Belu/fatur)

 

Comments
Loading...