Belum Setahun Dikerjakan, Jalan Detusoko – Maurole Rusak Parah

  • Bagikan

img-20160914-wa0012ENDE,fokusnusatenggara.com- Belum setahun dikerjaan, Ruas Jalan Provinsi Detusoko – Maurole di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), alami kerusakan parah. Bahkan kerusakan terparah ada pada bahu jalan dan beberapa titik di badan jalan.

“ Mana bisa belum satu tahun kerja jalan ini  kok sudah rusak parah?. Padahal hujan jarang, dan angkutan dengan beban berat jarang lewat tapi jalan pecah begini,” ungkap Thadeus Ndua, Warga Desa Maurole, Jumat, 16 September 2016.

Dijelaskannya, kondisi jalan yang rusak, memicu pertanyaan beberapa warga akan kualitas pekerjaan yang dilakukan. Bahkan warga menuding, pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor pelaksana tidak sesuai dengan bestek.

Baca Juga :  Masyarakat Desa Bokong Dan Oelpuah Rebutan Batas Wilayah

img-20160914-wa0013Ndua menegaskan, apabila kondisi ini dibiarkan, dirinya bersama masyarakat akan segera laporkan masalah ini kepada pihak berwajib untuk segera diperiksa. “ kalau biarkan lama, kami akan lapor polisi dan jaksa untuk periksa,” tuturnya.

Vincen Mone.ST, pengamat masalah konstruksi kepada wartawan menjelaskan, kerusakan yang terjadi pada ruas tersebut, kemungkinan diakibatkan selain tidak sesuai dengan spesifikasi, juga diakibatkan oleh kurangnya data pendukung dalam perencanaan. Pasalnya, kalau konstruksi dilakukan berdasarkan spek serta perencanaan, usia pemakaian jalan akan bertahan sampai 10 tahun.

Baca Juga :  Buka Bersama dan Syukuran HUT ke 62 Kodam IX/Udayana

“ Saya menduga kondisi jalan yang rusak, disebabkan oleh konstruksi yang kurang memperhatikan spek. Sebab kalau dia bangun jujur dan lurus berdasarkan RAB dan kontrak pasti kualitas akan bertahan lama,” jelasnya.

Ditambahkannya, selain fokus pada spek pekerjaan, kontur tanah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Kontur itu harus dikaji pada saat melakukan studi kelayakan perencaan konstruksi tersebut. Hasil dari studi kelayakan akan diperhitungkan dalam pembuatan RAB yang berujung pada spesifikasi konstruksi jalan.

  • Bagikan