Bekas Karyawan PT. Agro Lestari Tiba Di Atambua

0 76

ATAMBUA,fokusnusatenggara.com- Sebanyak 89 bekas karyawan PT. Agro Lestari – Kalimantan Tengah, asal Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT)  yang di PHK bulan lalu, akhirnya tiba di Atabua Rabu, 1 Juni 2016 malam.

TKW89 karyawan tersebut di PHK terkait aksi mogok kerja yang dilakukan, sebab pembayaran upah dari perusahan tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Bahkan ada dugaan upah mereka ditelip mandor pelaksana pada perkebunan kelapa sawit milik perusahan tersebut.

“ Kami terpaksa berhenti kerja karena upah kami tidak sesuai. Bahkan mandor juga potong upah kami tanpa alasan yang jelas,” ungkap Anton Asa, salah satu karyawan yang di PHK kepada Bupati Belu, Willy Lay, di RSUD Gabriel Manek, Atambua.

Bupati Belu, Willy Lay ketika melakukan tatap muka dengan  para korban tersebut mengatakan, pihaknya sangat prihatin dengan persoalan ini. untuk itu dirinya meminta agar bagi seluruh korban agar mengambil pelajaran penting dari peristiwa ini.

Pemerintah kedepannya menurut Willy Lay, akan membuka Balai Latihan Kerja (BLK)  yang akan menampung dan mendidik tenaga terlatih untuk bekerja di semua sektor, terutama sektor pertanian moderen.

 “BLK  nanti secara khusus akan mengajarkan masyarakat tentang cara bercocok tanam yang benar, sehingga masyarakat tidak harus meninggalkan kampung halaman, untuk mencari kerja di luar. Tetapi bekerja kembali di daerahnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” ungkapnya.

Willy Lay juga mengingatkan, agar warga Kabupaten Belu jangan terpengaruh lagi bujuk rayu dari orang untuk bekerja di luar daerah. Pasalnya,  bujuk rayu itu tidak sesuai dengan kenyataan yang dialami di luar daerah.

“Para agen tenaga kerja sering datang dengan janji manis. Saya minta masyarakat jangan terpengaruh. Sebab kita tidak tahu akibatnya seperti apa. Kejadian ini adalah contoh dan pelajaran bagi kita,” pintanya. (Heri Klau-Humas Setda Belu/fatur)

Sumber Foto : Michael/Humas Setda Belu

Keterangan Foto : Puluhan bekas Karyawan PT. Agro Lestari yang di PHK dari Kalimantan Tengah

Comments
Loading...