Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Aktivitas Di Betun “Lumpuh” Akibat Banjir

0 138

BETUN,fokusnusatenggara.com- Aktivitas di Kota Betun, Ibukota kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini lumpuh. Pasalnya, hujan yang mengguyur wilayah tersebut selama dua hari, mengakibatkan banjir setinggi betis orang dewasa. Selain hujan, sistim drainase yang buruk menjadi pemicu banjir.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh wartawan bersama aparat Pemerintah Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah di Kota Betun, kondisi paling parah akibat banjir ini terjadi di Dusun Pasar Baru A dan B. Di lokasi ini, air masuk hingga rumah dan menggenangi sejumlah areal perkebunan milik warga.

Kepala Desa Wehali, Johanes Roby Tei Seran, saat melakukan pemantauan kondisi banjir, Jumat, 22 Mei 2020 pagi tadi mengatakan, selama ini pihaknya rutin membersihkan saluran drainase yang ada. Namun karena kondisi debit air di saluran yang besar, mengakibatkan luapan ke badan jalan hingga menggenangi rumah penduduk.

“ Kami selalu bersihkan drainase ini. tetapi kondisi curah hujan dua hari dan debit air di saluran yang besar, membuat luapan ke badan jalan dan masuk sampai rumah warga,” ujarnya.

Dengan kondisi ini, pihaknya meminta agar Dinas PUPR Kabupaten Malaka, dapat membantu dengan peralatan yang ada, guna mengatasi sumbatan drainase dari Wehali ke Harekakae, untuk selanjutnya dikirim ke laut melalui Kletek.

“ Kami minta PUPR bisa cepat turun tangan bantu atasi penyumbatan ini, agar air bisa disalurkan ke laut melalui Harekakae dan Kletek,” pintanya.

Selain Desa Wehali, banjir juga menerjang Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah, dan Desa Halibasar Kecamatan Wewiku. Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat ini lagi melakukan pemantauan ke sejumlah titik bersama tim penanggulangan bencana, guna melihat kondisi wilayah yang terkena dampak. (ferdhy bria)

Comments
Loading...