58 Ribu Masarakat Sikka Akan Miliki KIS

0 55

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Tahun 2017, sebanyak 58. 694 jiwa maayarakat Kabupaten Sikka, akan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jumlah tersebut akan dibiayai langsung melalui APBD Kabupaten Sikka 2017.

15666183_735430196612034_1260293924_nHal ini disampaiakan Kepala BPJS Kabupaten Sikka, Ayatullah MF Pomalingo, di Aula kantor Bupati Sikka, Jumat, 23 Desember 2016, dalam acara penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS dan pemkab Sikka terkait program Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Menurutnya, perhatian Pemerintah Kabupaten Sikka untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakatnya dibuktikan dengan mendaftarkan masyarakatnya melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

“ Saat ini sebanyak 161.951 jiwa penduduk miskin dan tidak mampu telah mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah pusat dan telah memegang kartu JKN KIS. Tahun depan pemerintah melalui APBD akan mengcover sebanyak 58.694 jiwa untuk program ini,” Ungkapnya.

Penandatangana Perjajian Kerja Sama (PPKS) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka denagan BPJS Kesehatan Cabang Maumere dilakukan sebagai landasan hukum pelaksanaan program JKN KIS untuk penduduk Kabupaten Sikka.

Sebagai informasi, JKN KIS adalah tanda kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komperensif pada fasilitas kesehatan, melalui mekanisme sitem rujukan berjenjang atas indikasi medis. JKN KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan untuk seluruh peserta jaminan kesehatan termasuk Penerima Bantuan Iuran Pemerintah (PBI).

Laporan : Jhon Da Gomez

 


 

Comments
Loading...