54 Rumah Di Maumere Terendam Banjir

0 45

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Hujan deras yang mengguyur Maumere, Kabupaten Sikka Provinsi NTT pada Rabu, 25 Januari 2017,  mengakibatkan 54 rumah warga di  kawasan Waidoko, Keluarahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat terendam banjir.  

16343629_753425794812474_664555054_nMenurut Petrus Lero, korban yang rumahnya terendam banjir, pemicu tiap tahunnya bencana banjir di kawasan ini akibat sisitim drainase yang buruk.  “ Kami disini langganan banjir tiap tahunnya. Sebab tidak ada drainase. Jadi kalau hujan sekita dua jam berarti kami siap mengungsi,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Sikka menurutnya, terkesan melakukan pembiaran akan kondisi ini. Sebab kawasan ini merupakan ruas jalan poros yang menghubungan bagian timur dan barat maumere, yang masuk dalam jalur trans Flores bagian utara.

“ Pemerintah tidak ambil pusing soal ini. Padahal kalau mau dibilang, ini ruas utama poros Flores bagian utara, yang mana termasuk jalan arteri. Masa jalan arteri dibangun tanpa ada drainase?,” tuturnya.

Sementara itu, Muhamad Daeng Bakir, Kepala Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, kepada wartawan di lokasi kejadian menjelaskan, kondisi banjir yang terjadi sekarang belum termasuk dalam kategori bencana, walaupun terdapat rumah warga yang terendam.

“ Ini belum masuk dalam siaga bencana. Sebab kondisi ini akan berangsur baik seiring dengan redahnya hujan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sikka, Paulus Nong Susar, yang memantau langsung kondisi warga yang terkena banjir mengatakan, pada tahun ini pemerintah akan segera membangun drainase di tiga titik kawasan ini yang menjadi pemicu banjir.

“ tahun ini kita akan bangun drainase untuk kawasan ini di tiga titik utama ini,” katanya.

Laporan : John Da Gomez

Comments
Loading...