Upacara Penerimaan Satgas Pamtas RI – Timor Leste Di Mako Lantamal Kupang

0
255
Upacara Penerimaan Satgas Pamtas RI – Timor Leste Di Mako Lantamal Kupang
Loading...

Kupang, fokusnusatenggara.com / 6 September 2019

Dua Batalyon Satgaspur Yonif 132/BS Dan Satgaspur Yonif Raider 142/KJ ditugaskan sebagai Satgas Pasukan Pangamanan Perbatasan ( Pamtas ) Indonesia dengan Timor Leste. Upacara penerimaan dua batalyon ini dipimpin Danrem 161 / Wira Sakti Kupang Brigjen Syaiful Rahman di Lapangan Upacara Mako Lantamal VII Kupang ( 6/9).

Pangdam IX /Udayana Mayjen Beny Susianto dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Syaiful Rahman selaku Inspektur upacara mengatakan sesuai kebijakan pimpinan TNI operasi pengamanan perbatasan RI-Reppblik Demokratis Timor Leste ( RDTL) dilaksanakan selama 9 bulan.

“ Jadi kalian para prajurit utusan bangsa ini akan bertugas selama 9 bulan. Satgaspura Yonif 132/Bima Sakti akan menggantikan Satgaspur Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara di Sektor Barat dan Satgaspur Yonif Raider 142/Ksatria Jaya akan menggantikan Satgaspur Yonif Raider 408/Suhbrastha di Sektor Timur ,” jelas Mayjen Beny Susianto.

Lebih lanjut Pangdam IX/Udayana, Mayjen Beny Susianto mengharapkan kepada Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL yang baru agar melaksanakan tugasnya dengan baik.

” Saya berharap kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL hendaknya melaksanakan tugas dengan maksimal. Ini agar situasi dan kondisi di wilayah perbatasan tetap aman dan kondusif ” tegas mayjen Beny Susianto.

Mayjen Beny Susianto juga menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh pasukan Satgas Pamtas RI –RDTL antaranya agar melaksanakan tugas dengan baik dan harus pelajanri karateristik medan.

” Lakukan pergeseran pasukan menuju pos masing masing dengan tertib. Setiba di pos segera laksanakan serah terima dengan baik, pelajari karakteristik medan, budaya, adat istiadat, situasi dan kondisi daerah setempat ,” harap Mayjen Beny Susianto.

Dia menegaskan harus melaksanakan tugas dengan baik sesuai protap dan ketentuan yang berlaku dan selalu koordinasi baik dengan anggota Polsi maupun pihak kepolisian Timor Leste. “ Harus selalu koordinasi baik dengan sesame saudatra kita Polri dipervatasan dan juga pihak Kepolisian Negara Timor Leste bila ada terjadi pelanggaran di daerah perbatasan “, ungkapnya

Usai upacara Penerimaan, dilanjutkan ucapan selamat dari Danrem 161/Wira Sakti beserta seluruh tamu undangan kepada para pejabat kedua Satgas,dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (Usif).


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here