Terkait Polemik PDAM, BLU Baru Solusi Ideal

0
464
Loading...

frans pangalinanKUPANG,fokusnusatenggara.com- Polemik seputar penyelesaian sengketa PDAM antara Pemerintah Kabupaten Kupang dan Kota Kupang terkait persoalan aset, pelanggan dan jaringan yang belum menemukan titik terang, pihak Pemerintah Povinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengusulkan agar dibentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) baru.

Pendapat ini disampaikan oleh Sub Dinas Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum, Provinsi NTT, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPRD NTT, BLUD Sistim Penyediaan Air Minum, menyikapi temuan BPK RI Perwakilan NTT, untuk menyelesaikan persoalan ini dalam waktu 60 hari pada Kamis lalu.

Kepada fokusnusatenggara.com, Frans Pangalinan, Kepala Bidang Cipta karya, Dinas PU NTT menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan ke DPRD melalui Komisi IV untuk membentuk BLUD baru sebagai langkah solusi penyelesaian polemik PDAM antara Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

“ Ya solusinya buat BLUD baru dengan aset yang ada. Menyangkut teknisnya sisa dibicarakan lagi antara pemerintah kabupaten dan kota, dimediasi pemerintah provinsi. Setelah itu baru di keluarkan Perda untuk kekuatan hukumnya,” jelasnya.

Pangalinan menambahkan, untuk mekanismenya sisa dibuatkan peraturan yang mengatur soal jaringan, aset dan pegawai. Untuk pegawai menurutnya, sisa diberikan pilihan untuk tetap ke PDAM atau ke BLUD yang baru.

Sedangkan untuk jaringan, menurutnya, tetap dipakai oleh kunsumen yang ada di daerah Kota Kupang yang di kelolah oleh BLUD baru, setelah menghasilkan laba baru diberikan kompensasi biaya pengganti. (Laporan : Leonardo Jeffry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here