WPA Kabupaten Kupang Ditraining

  • Bagikan

Kupang, fokusnusatenggara.com/ 24 Mei 2019

Sebanyak 26 kader Warga Peduli HIV/ AIDS ( WPA) dari 13 Kecamatan di Kabupaten Kupang, Kamis 23 Mei mengikuti Training of Trainers (TOT) di Hotel Naka, Kupang. Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

Dalam sambutannya Wabup Jerry Manafe dengan nada geram mengecam para Kepala Desa dan Camat yang ikut diundang tetapi tidak hadir dalam acara ini. Pada hal selain kader WPA, Kepala Desa dan Camat adalah kader terdepan memantau rakyatnya, soal penyakit maut ini.

Baca Juga :  Binter Terpadu Kodim 1604/Kupang, Berikan Pelayanan Kesehatan Dan KB

“Saya kok heran, ya. Ada Camat, Kepala Desa dan Lurah yang ‘mati rasa’ dengan persoalan ini. Dana desa, semestinya digunakan juga untuk mengatasi persoalan ini. Saya cemas, mereka menjadi tidak peka karena mungkin saja mereka bagian dari penderita HIV/AIDS ,” kata Jerry Manafe.

Dia mmbeberkan jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kupang saat ini cukup tinggi. Data per bulan April 2019 ini tercatat 276 penderita yang berhasil ditemukan, dideteksi petugas/ keder Warga Pedulu HIV/AIDS ( WPA).

Baca Juga :  Kabupaten Timor Tengah Selatan Masih Bebas Corona

“ Jumlah kasus HIV / Aids di Kabupaten Kupang cukup besar. Bulan April 2019 terdata 276 penderita HIV/ AIDS. Ini yang berhasil dideteksi ditemukan petugas WPA. Kader WPA terbatas. Seharusnya Kepala Desa dan Camat lebih pro aktif membantu. Termasuk mengikti pelatihan ini. Tetapi kok tidak hadir ,” tegas Jerry Manafe.

  • Bagikan