Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Rutan Kupang Kupang Harus Aktif Mencegah Penyebaran Virus Corona

0 47

Kupang, fokusnusatenggara.com / 25 Maret 2020
Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kupang diminta untuk terus berinovasi berupaya mencegah penyebaran virus Corona Covid -19. Untuk itu warga tahanan diminta untuk tetap mawas diri, menjaga kebersihan dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.
“ Saya sudah kepala Rutan dan stafnya harus memiliki komitmen untuk mencegah penyebaran virus dilingkungan Rutan. Kita harus menindaklanjuti edaran Sekretaris Jenderal dan Instruksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan terkait upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 , “ kata Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana Dominika Jone kepada fokusnusatenggara.com ( 24/3)
Untuk itu lanjut Merciana, Staf Rutan diminta mengikuti ketentuan medis antaranya harus memakai alat pelindung diiri ( APD ), pemeriksaan suhu tubuh dua kali sehari dan cairan pembersih tangan antiseptic.
“ Saya sudah perintahkan untuk semua petugas Rutan harus memakai APD. Setiap hari semua tanahan di Rutan diperiksa suhu tubuhnya, menyiapkan pembesih antiseptik atau hand sanitizer dan selalu minum air hangat setengah jam sekali ,” jelas Marciana Dominika Jone.
Dia juga mengapresiasi pihak Rutan Kupang yang sudah meniadakan kunjungan, besuk para tahanan. Sebagai gantinya pihak Rutan menyiapkan kunjungan berupa video call.
“ Saya sudah dilaporkan oleh Kepala Rutan. Bahwa kunjungan, besuk sudah ditiadakan. Sebagai gantinya para tahanan bisa dibesuk keluarganya melalui video call. Peralatannya disiapkan Rutan ,” ujar Merciana Dominika Jone.
Selain Rutan, Marciana Dominika Jone juga minta agar semua Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) dilingkup Kanwil kemenkumham NTT minta untuk memproteksi diri dalam melawan penyebaran Covid-19 tersebut. Antaranya berjemur panas dua kali sehari, minum air panas tiap setengah jam. Juga selalu mengkonsumsi Vitamin E dan E yang disiapkan semua UPT.
“Dalam setiap kesempatan, saya tidak pernah berhenti berpesan untuk semua staf dan warga binaan / tahanan/ napi untuk terus menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Setiap hari semua kasur dan bantal dijemur, minum air panas secara rutin dan selalu mengukur suhu tubuh dan membersihkan tangan dengan cairan antisptik, hansanitizer ,” harap Marciana Dominika Jone

Comments
Loading...