Penyaluran BLT Harus Pedomani Protap Covid-19

0 78

BETUN,fokusnusatenggara.com- Penyaluran dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat ditegah kondisi pandemic Virus Corona, harus berpedoman pada protokol pengamanan dan pencegahan Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, melalui Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Masyarakat, Theo Seran, saat acara pembagian BLT Dana Desa, di Kantor Desa Alas, Kecamatan Kobalima Timur, Rabu 27 Mei 2020.

“ Kondisi saat ini kita dalam kondisi hadapi wabah virus corona, sehingga dalam pembagian ini penting bagi kita untuk pedonami protap pencegahan Covid-19 yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” pintanya.

Selain memperhatikan Protap Covid-19, dirinya juga berpesan agar dalam pembagian ini harus benar benar menjunjung tinggi asas transparansi. Sebab dalam amanat Surat Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT Nomor 10/PRI.00/IV Tanggal 21 April 2020,  Tentang Penegasan Petunjuk Teknis Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT-DD, disitu jelas tegaskan soal transparansi dalam penggunaan dana desa.

“ Pembagian ini juga harus transparan, sebab dana ini dari APBDes yang wajib diketahui oleh seluruh warga desa,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Alas, Cyprianus Nahak Bauk mengatakan, berdasarkan keputusan yang diambil dalam Musyawarah Desa (Musdes) Alas, ditetapkan jumlah KK penerima BLT Dana Desa sebanyak 110 KK, dengan total biaya Rp.198 juta. Dana tersebut dengan rincian, setiap KK berhak atas uang Rp. 600 ribu selama tiga bulan (April-Juni 2020).

“ Jumlah penerima BLT Dana Desa sebanyak 110 KK. Sedangkan sisanya discover dari dana PKH, BST dan bantuan lainnya,” ujarnya.

Dari Pantauan media, pembagian BLT di Desa Alas berjalan aman dengan pengawalan ketat aparat dari TNI dan Polri. Masyarakat yang hadir untuk menerima dana tersebut juga terlihat patuh dan taat pada protap pengamanan Covid-19. (*/ed)

 

Comments
Loading...