Pemkot Kupang Gandeng Kimia Farma Bikin Hand Sanitizer dan Disinfektan

0 144

Kupang, fokusnusatenggara.com / 19 Maret 2020

Salah satu cara mencegah virus Corona Covid-19, Pemko Kupang menggandeng pihak Kimia Farma berupaya meracik hand sanitizer dan disinfectant spray yang saat ini lagi langkah di kota Kupang.

“ Cairan anti septic maupun masker saat ini lagi langkah di kota Kupang. Karena itu kami gandeng pihak Kimia Farma untuk bisa membantu masyarakat kota Kupang yang saat ini mengalami kesulitan memperoleh hand sanitizer maupun disinfektan spray ini. Apa yang dibantu pihak Kimia Farma ini adalah inovasi sederhana meracik cairan anti septic sederhana dan sangat tepat untuk dimanfaat masyarakat ,” kata Walikota Jefry Riwu Kore di Rujab Walikota ( 19/3).
Kegiatan ini lanjut Jefry Riwu Kore dilaksanakan atas kerja sama Pemkot Kupang bersama pihak Kimia Farma. Tehnologinya yanag diberikan sangat sederaha dan muda diakses masyarakat.
“ Caranya sederhana namun memberikan dampak baik dan menjawab kebutuhan masyarakat. Karena bahan-bahan yang digunakan ini ada dirumah yakni pewangi ruangan dan pakaian. Selain itu ada pembersih toilet dan lantai, obat luka, alkohol serta air ,” jelas Jefry Riwu Kore.
Dengan dua bahan rakitan ini kata Jefry Riwu KOre dapat mensterilkan tubuh dan ruangan di tempat tinggal masing-masing. Karena itu diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan metode ini untuk kepentingan mencegah virus Corona Covid-19.
“ Mudah-mudahan hal ini bisa dilakukan di rumah dan bisa dipergunakan untuk mengatasi kelangkaan cairan anti septic ini. Ingat ini tidak boleh dijual, tapi dipakai untuk kepentingan pribadi ,” harap Walikota Jefry.
Pada kesempatan tersebut Jefry Riwu Kore juga mengimbau masyarakat Kota Kupang agar tidak perlu panik dengan keadaan saat ini. Namun perlu menjaga kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga.
“Saya harapkan masyarakat jangan panic dengan situas memanas saat ini yakni virus Corona. Manfaatkan tehnologi sederhana yang diberikan pihak Kimia Farma ini. Kalau ada kesulitan dengan bahan-bahan ini, bisa kami bantu dengan bahan yang sudah diolah. Masyarakat bisa datang untuk mengambil untuk sterilisasi tangan dan ruangan rumah. Makanlah makanan dengan asupan gizi yang memadai,” ungkapnya.
Semenatara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg Retnowati mengatakan pembuatan hand sanitizer dan disinfectant cukup beralasan. Karena saat ini, baik masker dan cairan antiseptic di apotik sudah langkah.
“ Saya harapkan masyarakat dapat memanfaatkan cara yang diberikan pihak Kimia Farma ini. Ini solusi terbaik agar masyarakat bisa terhindar dari terjangkitnya virus maupun bakteri. Kami juga sudah memberikan edaran kepada seluruh pusat layanan kesehatan di Kelurahan agar dapat mengajak masyarakat untuk dapat menerapkan metode ini,” kata drg Retnowati.

Comments
Loading...