Ketika SBS Jadi “Offroader” Di Babahane

0 112

BETUN,fokusnusatenggara- Selasa 12 Mei 2020, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran, atau yang kerap disapa warganya dengan panggilan SBS, melakukan kunjungan ke wilayah Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam kunjungan bersama Kapolres Malaka, Dandim 1605 Belu tersebut, Bupati SBS didampingi juga oleh beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kunjungan ini dilakukan SBS dalam rangka memantau langsung kesiapan Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Malaka Timur.

Titik pertama yang disasar oleh Bupati SBS dan rombongan adalah Desa Kerena atau yang kerap disebut Sulit-Anametan. Di Kereana, SBS menyampaikan, maksud kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat kondisi masyarakat di seluruh Kabupaten Malaka, selama masa pandemi wabah Covid-19. Dirinya sebagai pemimpin darah harus memastikan masyarakat di kabupaten Malaka sudah siap secara fisik, mental dan kesiapan infra struktur dalam menghadapai wabah yang mematikan ini.

“ Kami harus mengunjungi dan melihat rakyat, untuk memastikan semua dalam kondisi terkendali guna menghadapi penyakit ini,” ucap SBS dihadapan masyarakat Kereana, perangkat kecamatan dan desa.

Dirinya juga menegaskan, kedatangan dalam kunjungan ini tidak ada kaitan dengan politik dan upaya kumpul masa. “ Jadi saya tegaskan kami datang tidak kumpul massa dan tidak ada kaitan dengan politik. Kami datang murni urus covid,” tegasnya, sambil melanjutkan perjalanan ke Desa Numponi melalui Sanleo, yang letaknya bertetangga.

Rombongan kemudian bergerak menuju Wemeda, melalui Dusun Babahane. Tenyata dalam perjalanan ke Wemeda, melalui jalur Babahane, rombongan melewati daerah sungai dengan kontruksi jalan berlumpur, layaknya arena Off Road (Arena Balap lumpur yang kerap dipakai para maniak oto sport untuk menguji nyali).

Dalam perjalanan itu, kami dibuat kaget. Sebab disaat beberapa kendaraan dengan spesifikasi standar sulit melewati jalan tersebut, Mobil Toyota Jenis Fortuiner milik Bupati Malaka ini, laju dengan mulus lewati jalan berbatu serta becek dan berlumpur tersebut. Ternyata mobil ini dikemudikan sendiri oleh SBS.

Dengan keahlian mumpuni layaknya pengemudi Off Road, SBS terlihat cekatan menaklukan medan tersebut. Bahkan disaat hendak menyeberang sungai, terlihat SBS dengan sedikit melakukan aksinya guna meningkatkan torsi mesin, agar mampu menguasai dengan benar Outomatic Stability Control (ASC), biar mobil terlihat stabil. Dalam video yang sempat diabadikan kami, terlihat SBS bisa dengan enteng memanage pedal gas, sambil melakukan brake atau pengereman beberapa kali, guna melewati medan tersebut.

Bagi orang awam atau pencinta otomotif, tentu hal ini biasa. Sebab. Namun bagi seorang pejabat sekelas bupati yang selalu bepergian dengan jasa service driver, tentu ini menjadi pengalaman baru. Apalagi menyetir sendiri melewati medan yang menantang, membutuhkan kemampuan ekstra dan nyali tinggi untuk itu. Ternyata selain bupati dan seorang dokter, SBS rupanya memiliki kemampuan mengemudi yang luar biasa. (ferdhy bria)

 

Comments
Loading...