Desa Lakulo Salurkan BLT Kepada 541 KK

0 127

BETUN,fokusnusatenggara.com- Sebanyak 541 Kepala Keluarga (KK) dari total 657 KK di Desa Lakulo, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dipastikan akan dapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap dampak sosial ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Lakulo, Mikhael Seran Fahik, kepada wartawan di Betun, Sabtu, 16 Mei 2020. Dijelaskannya, 541 KK tersebut, terbagi dalam beberapa kategori. Diantaranya, 110 KK penerima BLT bersumber dari dana desa, 72 KK penerima bersumber dari bantuan Kodim 1605 Belu, 58 KK penerima bersumber dari BLT dinas Sosial dan 301 KK masuk dalam kategori PKH (Program Keluarga Harapan). Sedangkan sisanya 166 KK tidak masuk kategori penerima bantuan.

“ Jadi setelah kami total dalam musyawara desa, yang bisa dibantu hanya 541 KK. Sedanganka sisanya dengan berbagai alasan dan kriteria tidak masuk sebagai penerima,” ujarnya.

Menurutnya, 116 KK yang tidak masuk sebagai penerima BLT dikarenakan beberapa hal. Antaranya, ada KK yang berstatus sebagai ASN, Pensiunan ASN, anggota TNI Polri dan pengusaha. Selain itu beberapa KK yang terdata saat ini sedang marantau keluar wilayah NTT.

“ jadi yang tidak masuk itu karena mereka dinilai mampu dan tidak layak dapat bantuan,” katanya.

Dirinya menjelaskan, untuk Dana Desa, yang dialokasikan dalam BLT tahun ini sebesar Rp. 198 juta. Sedangkan untuk antisipasi Covid-19 dari sumber yang sama, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 92 juta.

“ Untuk alokasi covid-19, kita gunakan buat pengadaan masker, posko, serta honor beberapa tenaga relawan tim gugus tugas,” pungkasnya. (ferdhy bria)

Comments
Loading...