Begini Kesigapan Jeriko Tangani Covid-19 Di Kota Kupang

0 120

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Pasca meninggalnya pasian asal Kota Kupang akibat Covid 19, Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore bergerak cepat. Ditemani Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, Kamis, 14 Mei 2020, Jeriko, begitu sapaan akrab Walikota Kupang ini, langsung mengunjungi rumah korban di Kelurahan Nunleu, Kecamatan Kota Raja.

Kunjugan tersebut sebagai bentuk respon cepat   guna meninjau langsung proses penelusuran kontak erat dan rapid test (RDT) terhadap keluarga pasien terkonfirmasi positif oleh para petugas berpakaian APD lengkap.

Menurutnya, ini merupakan protokol yang harus dilaksanakan untuk mencegah penyebaran virus sebagai bagian dari upaya penanganan Covid 19 di Kota Kupang.

“Kami turut beduka cita, tetapi kami wajib untuk datang melakukan penelusuran kontak, sebagai bagian dari Protap Vovid-19,” ujarnya.

Jeriko menjelaskan,  banyak yang telah dilaksanakan Pemkot dalam penanganan pandemik Covid-19. Antara lain kesiapan infrastruktur ruang isolasi RSUD S K Lerik, kerjasama dengan empat rumah sakit second line, rasionalisasi, realokasi dan refocusing anggaran untuk penanggulangan Covid-19, termasuk penanggulangan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat.

Pemkot jelasnya, melalui Gugus Tugas langsung melaksanakan rangkaian upaya penanganan pasca meninggalnya pasien terkonfirmasi Covid-19, pada Selasa, 12 Mei 2020 malam, dengan  melaksanakan rangkaian protokol standar penatalaksanaan Covid-19.

“Radius penyemprotan kita perluas, tidak saja pada lokasi pasar dan rumah almarhum, namun juga rumah warga di sekitarnya,” ujarnya

Almarhum pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal Selasa kemarin (12/5) di ICU RSUD Prof. Dr. W. Z. Yohanes diketahui berprofesi sebagai pedagang di Pasar Kasih dan diduga transmisi virus terjadi ketika almarhum berdagang di Pasar. Almarhum dirawat di RSUD Prof. W. Z. Yohanes Kupang sejak Selasa, 5 Mein2020, karena mengeluh sesak napas, dan berdasarkan hasil swab test pada Senin, 11 Mei, pasien dinyatakan positif Covid-19.

Usai mengunjungi rumah almarhum pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Wali Kota langsung memimpin rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang. Hadir dalam rapattersebut, Penjabat Sektetaris Daerah, Kadis Kesehatan, Kalak BPBD, Kadis Sosial, Kaban Kesbangpol, Kadis Kominfo dan sejumlah pejabat lainnya termasuk para Camat se- Kota Kupang. Rapat dilaksanakan untuk lebih mengevaluasi dan memantapkan kesiapan penatalaksanaan Covid-19 oleh gugus tugas Pemkot Kupang. (*/humas pemkot)

 

Comments
Loading...