Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Begini Cara Pemkab Malaka Lawan Covid-19

0 98

BETUN,fokusnusatenggara.com- Kesigapan Pemerintah Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam melakukan pencegahan terhadap Virus Corona atau Covid-19 patut diacungi jempol. Jika di daerah lain bupatinya pasif dan jarang melakukan kunjungan pemantauan, tidak demikian dengan Malaka. Saban hari, Bupati Stefanus Bria Seran melakukan kunjungan ke setiap kecamatan, guna memastikan kesiapan tim gugus tugas dalam bekerja untuk antisipasi penyebaran virus ini.

Seperti pada Sabtu, 23 Mei 2020, hari ini Bupati yang kerap disapa SBS ini, kembali kunjungi Puskesmas Weoe, di Kecamatan Wewiku. Dalam kunjungan tersebut, Bupati Bria seran didampingi oleh Kapolres Malaka, Albert Neno, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta ditemani  para wartawan Desk Pemerintah Kabupaten Malaka.

Di Puskesmas Weoe, Bupati SBS mengajak seluruh komponen masyarakat mulai dari tingkat desa dan kecamatan untuk ikut melakukan pemantauan terhadap warga dari luar Malaka, termasuk dalam menyuarakan himbauan untuk tidak mengadakan kegiatan-kegiatan selama beberapa waktu ke depan, guna mencegah kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa.

Kepada para petugas, SBS mangatakan petugas boleh tegas tapi tidak boleh kasar dengan masayarakat. Kalau masyarakat ditegur tidak mau ikut, ada aparat keamanan yang akan menaganinya jangan main hakim sendiri.

“Untuk masayarakat petani, tidak ada yang melarang pergi ke sawah dan kebun, silahkan bekerja seperti biasa dan jangan membuat kerumunan, serta wajib pakai masker,” ungkapnya.

Kendati Kabupaten Malaka masih negatif status orang yang terpapar Virus Corona, dirinya terus mengingatkan agar masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari tetap berpedoman pada protokol Covid-19. Sebab dengan taat, masyarakat dan wilayah ini akan bebas dari penyebaran virus ini.

“ Memang di sini belum ada, tetapi kita wajib taat pada protokol covid. Jika keluar harus pakai masker, selalu cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan yang ada orang banyak, serta sebisa mungkin di rumah saja kalau tidak ada keperluan mendesak. Dengan patuh kita akan selamat,” ungkapnya.

Selain mengunjungi Puskesmas Weoe, rombongan hari ini juga melakukan kunjungan di Puskesmas Alkani, satu dari 20 Puskesmas di Malaka, yang sudah siap untuk melayani pasien Covid-19, apabila RSPP Betun kelak tidak mampu dari sisi ruang inap, kendati status puskesmas tersebut belum terakreditasi. (ferdhy bria)

Comments
Loading...