Begini Cara Desa Naisau Lawan Covid-19

0 205

BETUN,fokusnusatenggara.com- Kondisi pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia, membuat seluruh masyarakat gelisah.Upaya terus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus yang mewabah pertama kali di Provinsi Wuhan, China ini awal 2020 lalu. Mulai dari edukasi akan pola hidup sehat hingga tindakan antisipasi.

Seperti yang terjadi di Desa Naisau, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini patut diacungi jempol. Pemerintah setempat dengan masyarakat ikut ambil bagian dalam pencegahan ini secara aktif, dengan cara menerapkan pola hidup sehat, sesuai standar Protokol pengamanan Covid-19.

“ Kami ikut standar pengamanan yang dihimbau pemerintah kabupaten, dengan cara menyiapkan tempat cuci tangan beserta sabun di pelataran setiap rumah warga, serta pembagian masker,” ungkap Emanuel Kabosu, Penjabat Desa Naisau, kepada wartawan di Betun, Kamis, 7 Mei 2020.

Selain melakukan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi masyarakat berupa masker dan tempat cuci tangan, papar Kabosu, dirinya bersama seluruh tokoh masyarakat setempat memberikan edukasi agar menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan, serta wajib mengenakan masker apabila hendak keluar rumah.

“Edukasi kita lakukan terus kepada masyarakat, agar selalu menjaga kesehatan diri, terutama menggunakan masker jika hendak keluar rumah,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Naisau menurutnya, saat ini adalah menyiapkan tempat karantina desa apabila wabah ini akan mencapai puncaknya. Sebab sejauh ini, warga yang pulang kembali ke Naisau hanya dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Selain itu perketat pintu masuk bagi para tamu maupun pendatang terus dilakukan guna mendata orang dengan status pelaku perjalanan, untuk diminta melakukan pemeriksaan kesehatan di Pusekesmas. (*/marianus un)

Comments
Loading...