Antisipasi Penyebaran Covid-19, Desa Saenama Perketat Pintu Batas

0 177

BETUN,fokusnusatenggara.com- Usai dibentuk beberapa waktu lalu, Tim Penanganan dan Pencegahan Covid 19 Desa Saenama, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bergerak cepat. Sejumlam kebijakan dilakukan guna antisipasi penyebaran virus mematikan ini, antaranya dengan melakukan pengawasan ketat di pintu masuk menuju desa tersebut.

“ Kami memasang petugas di dua titik penjagaan yakni di batas Saenama dengan Raisamane, Kecamatan Rinhat,  serta batas Saenama dan Taaba di Kecamatan weliman, guna indentifikasi orang yang hendak berkunjung ke desa,  untuk melaporkan diri ke petugas. Selain itu kami juga melarang pedagang keliling  yang menggunakan kendaraan untuk masuk berjualan di dalam desa,” jelas Brinsyna Elfrida Klau, Penjabat Desa Saenama, kepada fokusnusatenggara.com, Selasa, 13 April 2020 di Betun.

Ditambahkannya, selain melakukan pengawasan ketat di pintu batas, pihaknya juga memberlakukan jam malam atau jam tenang antara Pukul 18.00 hingga Pukul 06. 00 Wita. Selain jam malam, ada kesepakatan antara pemrintah dan masyarakat, apabila ada warga desa yang  meninggal, harus dimakamkan setelah dua hari.

“ kebijakan ini sebagai bentuk mengamankan perintah bupati, untuk terus menerapkan sosial distancing agar mengurangi penyebaran wabah virus corona,” tutupnya. (anarky)

Comments
Loading...