Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

361 KK Di Desa Tniumanu Dapat BLT

0 113

BETUN,fokusnusatenggara.com- 361 Kepala Keluarga (KK) miskin di Desa Tniumanu, Kecamatan Laenmane, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhak atas bantuan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT). Jumlah serta besaran bantuan tersebut, sudah disepakati melalui musyawarah desa.

“Jadi setelah kami rapat bersama perangkat desa semua, kami sudah sepakati data penerima sebesar 361 KK dari total 369 KK yang ada di sini. Jumlah tersebut tersebar di 9 dusun,” ungkap Anita Cardozo da Costa, Kepala Desa Tniumanu, kepada fokusnsuatenggara.com, Rabu, 20 Mei 2020.

Dijelaskannya, dari jumlah 361 KK tersebut, bentuk bantuan dan pos pembiyaan bantuan berbeda-beda. Untuk BLT dari dana desa misalnya, hanya mengcover 169 KK dengan jumlah Rp. 600 ribu selama 3 bulan. Dari Dinas Sosial Kabupaten Malaka, mengcover 15 KK sebesar Rp.600 ribu per KK. Sedangkan sisanya 117 KK dicover dengan dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah berjalan selama ini. Selain itu ada 60 KK yang menerima bantuan sembako murah.

“ Semua kita upayakan untuk dapat, walau sumber bantuan beda-beda. Sedangkan untuk sisanya sebanyak 8 KK, tidak bisa kita bantu karena mereka sesuai dengan data tidak layak menerima, sebab ada yang pensiunan ASN, anggota TNI dan Polri serta pengusaha,” ujarnya.

Terkait dengan eksekusi pemberian bantuan, Cardozo mengatakan, saat ini proses pengajuan sudah disampaikan ke bagian Keuangan Setda Malaka, untuk proses pencairan. Diharapkan minggu depan sudah bisa diserahakan.

“ Kami sudah ajukan ke keuangan, semoga minggu depan sudah bisa kita salurkan,” katanya.

Dirinya berharap, bantuan ini dapat meringngankan bean dari seluruh masyarakat Desa Tniumanu, yang terdampak secara sosial ekonomi atas wabah Virus Corona. Masyarakat diminta untuk tetap taat pada protokol Covid-19 yang sudah dianjurkan oleh pemerintah, agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus ini. (ferdhy bria)

Comments
Loading...