Tali dan Floating Bag Sudah Terpasang, Ekor AirAsia Diangkat Malam Nanti

0 38

evakuasiSELAT KARIMATA,fokusnusatenggara.com- Kondisi arus bawah laut semakin kencang sehingga tim penyelam gabungan TNI AL diminta untuk naik dan menunda tugasnya. Pengangkatan ekor AirAsia QZ8501 rencananya dilanjutkan pukul 19.00 saat arus bawah laut mulai tenang.

Kondisi saat ini tidak memungkinkan penyelam masuk hingga kedalaman 35 meter tempat ekor pesawat karena pada kedalaman 5 meter saja arus bawah laut sudah sangat kencang.

Saat ini tali sudah diikatkan ke ekor pesawat dan satu floating bag dengan kapasitas beban 10 ton juga sudah terpasang. Nantinya tugas tim penyelam pada pukul 19.00 akan memasang tali crane dari kapal Crest Onyx serta jika memungkinkan mengisi udara floating bag.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan fokus tetap pada pencarian black box. Namun dikhawatirkan bagian yang rusak pada ekor yang sudah ditemukan merupakan bagian yang menyimpan black box.

“Sangat mungkin (black box) terpental. Khawatir kalau yang rusak itu tempat black box,” kata Moeldoko di anjungan KRI Banda Aceh, Jumat (9/1/2015).

Jika memang terpental, ada dugaan black box berada di titik sumber sinyal ping sebagaimana diterima KN Jadayat. Namun Moeldoko menyebut penyelam belum menemukan kotak berwarna oranye tersebut. Yang ada hanya serpihan. Pengecekan lebih lanjut akan dilakukan jika cuaca bersahabat. (Sumber : Seperti dikutip dari detik.com– http://news.detik.com/read/2015/01/09/155106/2798894/10/tali-dan-floating-bag-sudah-terpasang-ekor-airasia-diangkat-malam-nanti?9911012)

Comments
Loading...