Seldi Berek Kalah Lawan Polres Malaka Di Sidang Pra Peradilan

0 674

BETUN,fokusnusatenggara.com- Seldi Berek, tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik yang melakukan pra peradilan kepada Polres Malaka, akibat penetapan dirinya sebagai tersangka, akhirnya kalah dalam putusan sidang Pra Peradilan di PN Atambua, pada Kamis, 18 Juni 2020.

Keputusan ini didapat setelah Hakim tunggal yang menyidangkan kasus ini, Gustav Kupa, menolak gugatan Pra Peradilan tersangka Seldi Berek, dan mengatakan penetapan dirinya oleh Penyidik Polres Malaka adalah sah dan dilanjutkan pada perkara pokok.

Akibat dari keputusan ini, Polres Malaka kemudian mengambil langkah hukum selanjutnya, yakni mengeluarkan surat perintah  penangkapan dan penahanan terhadap Seldi Berek. Bahkan saat berita ini diturunkan, tersangka sudah ditahan di di Rutan Polres Malaka.

Hal ini disampaikan Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno kepada wartawan di Betun – Kabupaten Malaka, Kamis, 18 Juni 2020. Dikatakannya, tadi pagi sekitar jam 11.00 WITA digelar sidang putusan Pra  Peradilan di PN Atambua . Hasilnya,  permohonan Pemohon ditolak dalam Putusan Pra Peradilan sehingga Polres Malaka dinyatakan menang.

” Kemenangan di Pra Peradilan hari ini membuktikan bahwa langkah yang dilakukan  Polres  sudah sesuai aturan dan tidak menyimpang” ungkap Mantan Wakapolres  Ende Ini.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Malaka, IPTU Yusuf,  dalam kesempatan yang sama kepada wartawan menjelaskan, penetapan tersangka sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Dimana semua saksi baik itu Bidang ITE (Informasi Transaksi Elektronik), Ahli Bahasa serta bukti berupa Screen Shot postingan sudah memenuhi unsur penetapan tersangka.

Sejak terima Laporan Polisi tanggal 25 April 2020 , kami sudah lakukan penyelidikan dan ditingkatkan ke  penyidikan tanggal 11 Mei 2020, dengan melakukan pemeriksaan saksi ahli ITE dan ahli bahasa   serta amankan barang bukti di media “WhatsApp Group Pers dan Polres Malaka”. Dengan dasar itu, kami panggil tersangka Seldi Berek dan lakukan pemeriksaan tersangka tgl 18 Mei 2020,” jelasnya.

Berdasarkan data yang ada di redaksi, akibat penetapan dirinya sebagai tersangka ini, Seldi Berek, melalui tim kuasa hukumnya melakukan gugatan Pra Peradilan terhadap Polres Malaka. Namun fakta persidangan hari ini, akhirnya gugatan pemohon ditolak dalam putusan hakim. (eDs)

Comments
Loading...