Pekan Depan Falens Pareira Saksi Prioritas Kasus MBR

0 51

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang-NTT yang menyidangkan perkara kasus korupsi proyek MBR rumah cetak maupun Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Belu-NTT, dengan terdakwa Yustinus Berek (YB), menegaskan, pekan depan Ketua Pokja kabupaten Belu, Falentinus Pareira, harus menjadi saksi prioritas dalam sidang lanjutan.

FalensHal ini disampaikan kuasa hukum Yustinus Berek, Helio Caetano Moniz, dalam sidang lanjutan yang dilakukan siang tadi, dengan agenda mendengar keterangan saksi dari suplayer pembanding.

Menurutnya, kehadiran Falens Pareira, yang juga sebagai Calon Bupati Belu ini, dinilai penting dan krusial, sebab Pareira adalah orang yang tau betul alur soal pemberian mandat kepada kliennya.

“ Tadi majelis Hakim sudah tegaskan kepada JPU untuk prioritaskan FP hadir dalam sidang lanjutan pekan depan. Sebab sebagai ketua pokja, dirinya harus menjelaskan bagaimana soal alur pemberian mandat kepada kliennya,” jelas Helio.

Helio menambahkan, pada sidang sebelumnya, Majelis Hakim sudah mendengar keterangan dari pimpinan SKPD, Eda Fahik, dan Kasatker program MBR BSPS, Chaerul Sitepu, yang membantah memberikan mandat maupun perintah langsung kepada kliennya untuk eksekusi program tersebut.

“Kasatker bilang dia tidak berikan mandat, maupun surat kuasa. Begitu juga dengan pimpinan SKPD. Untuk itu sebagai ketua pokja FP harus bisa menjelaskan siapa dari mereka ini yang berikan mandat ke klien saya,” jelasnya.

Dalam sidang yang dipimpin Jamsar Simanjuntak, selaku Ketua Majelis Hakim siang tadi, materi sidang masih seputar mendengar keterangan saksi. Dua orang saksi yang dihadirkan tadi antaranya, Stenly Tjung, pemilik Belu Bangunan dan Henderikus Hengky Manek, pemilik UD Sumber berlian, sebagai pembanding harga dari dakwaan JPU.

Dalam sidang tadi, diketahui bahwa JPU dalam membuat dakwaan tidak memasukan ongkos pengiriman material sampai ke lokasi, sebagai item yang tak terpisahkan dari pembelian harga satuan barang.

Dan faktanya, ada perbedaan yang cukup signifikan dari harga yang diberikan ole Kreatif Bangunan, dengan kedua suplayer yang didengar kesaksiannya siang tadi. Sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda yang sama, yakni mendengar keterangan saksi. (JeOt)

Keterangan Foto : Falentinus Pareira, Ketua Pokja MBR kabupaten Belu-NTT

 

Comments
Loading...