Kasus KDRT Di NTT Tinggi

0
891
Loading...

yogaKUPANG, Fokusnusatenggara – Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi di wilayah NTT ternyata cukup tinggi. Pada tahun 2013 saja, terdapat 394 laporan (10,65%) dari seluruh kasus kekerasan yang terjadi.

Kapolda NTT, Brigjen Pol. Ketut Untung Yoga, kepada wartawan mengatakan, bentuk kekerasan yang dialami para korban berupa kekerasan fisik maupun psikis. Namun pada umumnya korban mendapat kekerasan ganda yakni fisik dan psikis.  “Dari laporan yang masuk, beberapa bentuk kekerasan fisik dan psikis yang terjadi yaitu penganiyayan sebanyak 67,5%, penelantaran 5,5%, aniaya dan penelentaran 23,4%, dan ancaman kekerasan mencapai 3,6%,” kata Untung Yoga.

Menurutnya, sejumlah permasalahan dianggap menjadi latar belakang timbulnya kasus ini. Dimulai dari adanya keributan suami istri karna masalah ekonomi, serta kurangnya komunikasi dan pendidikan dalam rumah tangga.

Untung Yoga menambahkan, upaya prefentif yang dilakukan guna meredam tingginya kasus ini, adalah mengoptimalkan kegiatan sosialisasi ataupun pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat maupun pelajar tentang bahaya narkoba termasuk masalah minuman keras.

Selain itu, Polda NTT dan jajaran nya juga melakukan sosialisai hukum dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum masyarakat, dan memberdayakan komunitas untuk bersama-sama lakukan identifikasi dini akan akar-akar permasalahan sosial, sebelum berkembang menjadi ganguan nyata. (Laporan : Marianus J UN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here