Willem B Kale : “ Perlu Audit Dana Perjalanan Dinas Bank NTT”

0 63

Willem KalleKUPANG,fokusnusatenggara.com- Santernya isu pengelolaan dana perjalanan dinas luar kota oleh manejemen Bank NTT, mendapat tanggapan serius dari anggota Komisi III DPRD NTT, Willem B Kale. Menurutnya, pengelolaan dana tersebut harus diaudit secara profesional dan independen, sehingga pertangung jawabannya jelas.

“Kalau itu benar, ada pembengkakan dalam biaya perjalanan dinas ya harus diaudit secara independen dan profesional. Sebab Bank NTT adalah bank pemerintah yang mengelolah dana yang sumbernya dari pemerintah,” jelasnya.

Dia mencontohkan, bagaimana bisa dalam sebulan pihak direksi bisa melakukan perjalanan dinas selama 28 hari kerja, tanpa ada efek yang signifikan terhadap perkembangan kinerja dan manejemen Bank NTT kedepan.

“ Dampaknya apa dengan jalan dinas luar kota terhadap kinerja pengelolaan bank kedepan. Sebab tahun 2014
sepengetahuan saya, kantor pusat mengalami kerugian akibat operasional kantor pusat Bank NTT yang membengkak. Bahkan angkanya sampai milliaran rupiah,” jelas anggota DPRD NTT dari partai Nasdem ini.

Kedepan menurutnya, pihak Bank NTT harus efisien dalam penggunaan dana perjalanan dinas.  Hindari perjalanan dinas yang sifatnya serimonial seperti seminar dan road show ke daerah luar NTT yang tidak ada hubungan langsung dengan kinerja, eksistensi dan ekspansi Bank NTT. Serta perjalanan dinas ke luar NTT yang tidak memberikan income kepada pihak Bank NTT.

Selain efisien, pihak pengawas dan auditor internal Bank NTT juga diminta harus bekerja independen, tanpa ada rasa tertekan dari pihak direksi. Sebab integritas Bank NTT kedepan sangat berdampak pada rasa percaya nasabah akan kinerja Bank NTT. (Laporan : Leonardo Jeffry)

Comments
Loading...