Tiga Kota Sumbang Inflasi Terbesar Di NTT

0
73
Kepala BPS NTT Darwis Sitorus
Loading...

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Inflasi NTT untuk bulan Januari 2020 ini sebesar 0,53 persen. Inflasi ini terjadi di tiga kota yakni kota Maumere, Waingapu dan Kota Kupang. Hal itu diakibatkan adanya kenaikan harga pada kelompok makanan, minuman dan tembakau.

“Secara gabungan tiga kota memberi inflasi di NTT sebesar 0,53 persen. Rinciannya Kota Kupang mengalami inflasi sebesar 0,47 persen, Maumere inflasi sebesar 0,64 persen dan Waingapu mengalami inflasi sebesar 0,98 persen yang dipicu kenaikan harga makanan, minuman dan tembakau yang naik sebesar 3,16 persen ,” kata kepala BPS NTT Darwis Sitorus ( 3/2).

Dia menyebutkan Inflasi Januari 2020 di Nusa Tenggara Timur terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada 7 dari 11 kelompok pengeluaran.

“ Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks harga terbesar adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau. KOnsumen untuk tiga kelompok ini cukup besar menyumbang terjadinya inflasi ,” ujar Darwis Sitorus.

Lebih lanjut Darwis Sitorus menyebutkan ada beberapa komoditas utama penyumbang inflasi di Maumere yakni naiknya harga bawang merah, cabai rawit tomat, rokok dan ikan asin teri.

“ Sedangkan beberapa komoditas yang menghambat inflasi yakni turunnya harga tarif angkutan udara, daging ayam ras dan daun singkong ,” kata darwis Sitorus.

Pada Januari 2020 ujar Darwis Sitorus dari 90 kota sampel Indeks Harga Konsumen (IHK) Nasional, 79 kota mengalami inflasi dan 11 kota mengalami deflasi. Kota yang mengalami inflasi tertinggi terjadi di Kota Meulaboh sebesar 1,44 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Gorontalo sebesar 0,03 persen.

“ Sedangkan deflasi terbesar terjadi di Kota Bau-Bau Sulawesi sebesar 1,39 persen dan deflasi terendah terjadi di kota Kudus sebesar 0,01 persen,” kata Darwis Sitorus. ( Usif).


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here