Semen Kupang Berencana Bangun Pabrik Baru

0 84

Kupang, fokusnusatenggara.Com / 8 Mei 2019
Direktur Utama PT. Semen Kupang (Persero) Dirut Matla ILajar,SE,MM,PIA mengaku optimis bisa penuhi kebutuhan pasar NTT. “ Kami sudah produksi 80 % dari kapasitas terpasang. Sebagian besar produksi kami pasarkan untuk memenuhi kebutuhan di NTT. Selebihnya pasok ke Timor Leste dan Provinsi lainnya di NTT ,” kata Matla ILajar,SE,MM,PIA usai bertemu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ( 7/5).
Kedatangannya bersama Komisaris Utama Esti Wiseto Baroto menemui Gubernur NTT untuk melaporkan rencana membangun Pabrik Semen baru di Kupang. “ Kami bersyukur. Karena niat baik kami direspon dan didukung penuh Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat. Kebutuhan semen di NTT masih kurang dari pasokan kami. Karena itu kami rencana membangun satu pabrik lagi ,” kata Matla ILajar,SE,MM,PIA.
Dia menyebutkan potensi pasar semen di NTT cukup besar. Permintaan pasar (demand) khusus di NTT sendiri sudah mencapai 1,3 juta ton pertahun. “ Karenba kebutuhan permintaan pasar di NTT semakin meningkat, ya kami rencana bangun lagi satu pabrik Semen di Kupang. Rencananya dalam tahun 2020 ,” katanya.
Karena, dengan demand yang cukup besar ini, kata ILajar,SE,MM,PIA, maka akan segera dibangun lagi saatu Pabrik Semen di Kupang. Demand yang cukup besar ini membuat kami menambah kapasitas membangun lagi pabrik baru. JIka sudah jadi kami akan layani kebutuhan semen selain di Nusa Tenggara Timur, Timor Leste dan Australia.
“ Demand nya cukup besar. Karena itu untuk memenuhi pangsa pasar, kami bangun lagi pabrik semen. Karena itu kami bertemu Gubernur meminta dukungan, karena Pemprov NTT juga sebagai salah satu pemegang saham. Dan GUbernur mendukung ,” kata ILajar,SE,MM,PIA.

Dirut Semen Kupang Matla ILajar,SE,MM,PIA, Komisaris Utama Esti Wiseto Baroto dan Staf khusus Gubernur NTT Prof Daniel Kameo. Pemrov NTT mendukung sepenuhnya rencana pembangunan Pabrik Semen yang baru

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur NTT, Prof.Daniel Kameo, menyebutkan pentingnya menjaga kesinambungan produksi PT.Semen Kupang. Karena kehadiran perusahaan tersebut telah menjadi simbol pembangunan industri di NTT sehingga Pemprov NTT mendukung pembangunan Pabrik Semen yang baru.
“Semen Kupang ini salah-satu industri besar di Nusa Tenggara Timur. Selain sebagai salah-satu kegiatan ekonomi yang besar, juga merupakan ikon NTT. Secara bisnis, ini adalah industri yang sangat prospektif” kata Staf Prof Daniel Kameo.
Dari sisi pasar, untuk NTT kata Prof Daniel Kameo, NTT masih memiliki selisih kebutuhan sebesar 1,1 juta ton per tahunnya. “ Potensi pasar kita selain di NTT, juga untuk Timor Leste dan Australia. Sehingga dari sisi bisnis, ini sustainable. Karena bahan bakunya tersedia secara melimpah dan pasarnya cukup luas,” tambah Prof Daniel Kameo.
Menurut Prof Daniel Kameo, dukungan dari Pemerintah Provinsi NTT, terutama dari Gubernur NTT sangat dibutuhkan. “ Karena itu kami akan memberikan masukan agar Gubernur NTT dapat membantu untuk merealisasikan rencana pembangunan Pabrik Semen Kupang yang baru ,” kata Prof Daniel Kameo. (Usif)

Comments
Loading...