NTT Masuk Kawasan Khusus Ekonomi Baru

0
622
Loading...

Hatta_Rajasa2Pemerintah tengah menyiapkan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru. Proposal ini telah disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dikutip dari vivanews, Selasa (18/2), Hatta  mengungkapkan ketiga KEK ini telah dilengkapi sarana dan prasarana yang cukup. “Ketiga KEK itu adalah Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, Morotai di Maluku, dan Mandalika di Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Mandalika, lanjut Hatta, menjadi salah satu KEK Pariwisata. Sebagai permulaan, telah disiapkan lahan seluas 1.200 hektare untuk pembangunan hotel dan resor. Menurut Hatta, beberapa investor telah mengajukan diri untuk masuk seperti PT Gobel, Mandiri Maju Hotel dan PT MNC Land. Soal KEK di Tanjung Api-Api, Hatta menjelaskan lokasi ini menjadi daerah yang paling siap.

Pasalnya, banyak investor yang berniat masuk, salah satunya PT Pupuk Sriwijaya (Pusri). “Di area ini Pusri akan memakai lahan seluas 700 hektare dengan investasi Rp2,7 triliun,” kata Hatta. Pembangunan KEK di Morotai akan terbagi beberapa sektor, seperti industri, penunjang pariwisata dan resor. Menurut Hatta, lahan yang disiapkan untuk tahap awal seluas 1.500 hektare. “Morotai itu dekat dengan Jepang dan Taiwan, sehingga mereka berminat untuk berinvestasi dan mengembangkannya,” kata Hatta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here