Lewat Simpel, Bank NTT Kalabahi Buka 5.941 Rekening Baru

0 64

KALABAHI,fokusnusatenggara.com- Program Simpanan Pelajar (Simpel) yang dilakukan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank NTT bukan isapan jempol belaka. Terbukti, memasuki triwulan kedua, progress dan antusias masyarakat NTT, khususnya kalangan pelajar terus meningkat.

Tujuan mereka cuman satu, yakni menabung di Bank NTT.  Prosedur yang tidak berbelit serta bebas biaya administrasi, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para anak siswa untuk menabung di Bank NTT. Selain menabung, para siswa diharapkan mampu menata masa depan mereka dengan melakukan investasi keuangan sejak dini.

Bank NTT Cabang Kalabahi di Kabupaten Alor misalnya, hingga 31 mei 2017 berhasil membuka 5.914 rekening baru melaui program Simpel. Ini tentu prestasi membanggakan bagi pihak Bank NTT Kalabahi. Pasalnya, dengan target 10.000 rekening baru pada tahun buku berjalan ini, pihak Bank NTT Cabang Kalabahi optimis bisa melampaui target tersebut.

 “ Anak-anak tetap bersemangat untuk turun ke sekolah-sekolah untuk mengajarkan kepada para pelajar bagaimana membangun masa depan dengan rajin menabung”, ujar Sony Pelokila, Kepala Cabang Bank NTT Kalabahi, kepada wartawan melalui ambungan telepon, Rabu, 7 Juni 2017 siang.

Semangat dan antusiasme para pegawainya tersebut, lanjut Sony, tidak sia-sia. Jumlah rekening Simpel pada Kantor Cabang Kalabahi, Kantor Cabang Pembantu Bukapiting dan Kantor Cabang Pembantu Kabir terus bertambah.

 “ Posisi per 31 Mei, jumlah rekening di Kantor Cabang sebanyak 4.042 rekening dengan nominal tabungan sebesar Dua Ratus Dua Puluh Delapan Juta Sembilan Ratus Tujuh Puluh Sembilan Ribu Lima Ratus Rupiah.  Sedangkan Capem Bukapiting, sebanyak 1.113 rekening dengan nominal tabungan sebesar Enam Puluh Enam Juta Seratus Tiga Puluh Tujuh Ribu Lima Ratus Rupiah. Sementara, Capem Kabir, jumlah rekening sebanyak 784 rekening dengan nominal tabungan sebesar Empat Belas Juta Seratus Lima Puluh Enam Ribu Rupiah”, jelasnya.

Sony optimis, jumlah itu akan terus bertambah seiring kerja keras dan antusiasme stafnya untuk terus memperkenalkan produk tabungan Simpel ini kepada para pelajar. Bahkan untuk menarik minat para siswa, pihak Bank NTT Cabang Kalabahi memberi rangsangan dengan paket hadiah bagi para siswa berupa satu set perlengkapan sekolah.

“ Kita berikan mereka rangsangan lewat hadiah bagi siswa yang menabung. Hadiah memang tidak mahal tapi memberi mereka perhatian dan mau menabung itu jauh lebih penting. Dengan satu set perlengkapan sekolah, mereka tentu akan merasa bangga,” ungkapnya.

Ditambahkannya, program Simpel ini dinilai sebagai program edukasi persuasif bagi anak sekolah. Nilai yang bisa diambil melalui program ini adalah semangat dan gemar menabung yang ditanamkan pada anak siswa sejak mereka masih belia. Dengan menabung di Bank NTT, mereka ikut serta dalam pembangunan di NTT.

“ Kita dalam melakukan eksekusi program ini, tetap pada pola edukasi. Dengan menanamkan semangat dan sikap menabung sejak dini, diharapkan mereka mampu menata masa depan mereka untuk menjadi kader dan generasi penerus bangsa anak anak NTT yang unggul,” pungkasnya.

Berbicara soal Program Simpanan Pelajar (Simpel) Bank NTT, program ini baru dilaunching pada 20 Desember 2016, bertepatan dengan HUT Provinsi NTT ke- 60.  Di Hotel Aston Kupang – NTT.

Dalam acara yang ditandai penyerahan tabungan SIMPEL kepada beberapa pelajar tingkat SD hingga SMA oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Pusat bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono, mendapat respon yang baik dari Gubernur NTT, Frans Leburaya selaku Pemegang Saham Pengendali.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya,  dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, kehadiran Simpanan Pelajar (SIMPEL) akan memberikan kebanggaan dan rasa memiliki yang lebih bagi pelajar.  Ia mengharapkan agar program Simpel dapat dilakukan secara konsisten dan lembaga keuangan selain berbisnis juga wajib melaksanakan kegiatan edukasi bagi masyarakat.

“ Simpel harus menjadi kebanggan Bank NTT. Para pelajar harus diberi edukasi bahwa dengan gemar menabung sejak dini, para siswa kita bisa menata dan melakukan investasi akan masa depan mereka,” harap Leburaya.

Pelaksana Direktur Utama (PLT)Bank NTT Eduardus Bria Seran, kepada wartawan dalam berbagai kesempatan mengatakan, bersama Bank NTT dirinya  berjanji akan memberikan warna tersendiri melalui program Simpel.

“ Saya akan berusaha bersama direksi lainnya memberikan yang terbaik buat Bank NTT. Program Simpel akan memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter anak NTT, yang diajarkan disiplin dan tertib menabung sejak dini. Saya minta kita semua elemen masarakat NTT bisa mendukung program ini,” jelas Bria Seran kepada wartawan di Labuan Bajo, Akhir Maret 2017.

Anggota Dewan Komisioner OJK Pusat, Bidang Edukasi dan perlindungan Konsumen, Kusumaniangtuti S Soetiono menjelaskan,  Program Simpel adalah adalah bagian dari Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI), guna meningkatkan tingkat pemanfaatan dan literasi  keuangan sejak dini di kalangan pelajar.

“ Survey OJK pada tahun 2013 menunjukkan bahwa indeks inklusi keuangan nasional sebesar 59,7 persen dengan tingkat literasi sebesar 21,8 persen. Sementara data dari Bank Dunia menunjukkan inlusi keuangan Indonesia pada tahun 2014 hanya sebesar 36 persen. Untuk mengatasi persoalan tersebut pemerintah mengeluarkan Perpres agar pada tahun 2019 indeks inklusi keuangan nasional bisa naik ke level 75 persen dari data Bank Dunia tahun 2014. Sedangkan kehadiran Simpel diharapkan dapat membangun budaya menabung sejak dini kepada pelajar. Saat ini NTT memiliki 7.117 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 1.317.998 siswa dari total populasi NTT 5,2 juta jiwa sehingga nantinya Simpel dapat mencakup 20 persen dari penduduk NTT,” jelasnya seperti yang dikutip lewat siaran pers humasbankntt.com.

Dalam pembukaan rekening baru Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) syaratnya sangat muda. Cukup para pelajar menunjukan akte kelahiran, lalu semua bisa diproses tanpa biaya administrasi. Untuk pembukan rekening baru biayanyapun sangat murah yakni Rp. 5.000 (lima Ribu Rupiah). Selain itu, pihak Bank NTT juga memberikan reward atau penghargaan berupa perlengkapan tulis bagi siswa yang rajin menabung. (Jeff Taolin/advertorial)

 

Comments
Loading...