Jaga Likuiditas, Bank DKI Tempatkan Dana 300 Milliar ke Bank NTT

0
501

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Demi menjaga likuiditas (pemenuhan dana tunai untuk kebutuhan transaksi,red) pada Bank NTT, Bank   DKI sebagai anggota Asosisasi Bank Daerah (Asbanda) menempatkan dana sebesar Rp. 300 Milliar ke Bank NTT.

Menurut PLT Direktur Utama Bank NTT, Eduardus Bria Seran, penempatan dana tersebut sebagai bentuk penguatan Likuiditas, diakhir tahun buku. “ Penempatan dana ini sudah menajdi kesepakatan dalam pertemuan Asbanda di Banyuwangi November lalu. Tujuannya hanya menjaga ketersediaan dana tunai di saat akhir tahun, sebab pada akhir tahun frekuensi transaksi di Bank NTT meningkat drastis,” ungkapnya kepada wartawan, di Kantor Bank NTT, Jumat 22 Desember 2017, usai penandatanganan perjanian antara Bank NTT dan Bank DKI.

Ditambahkannya, Bank DKI menempatkan dana ke Bank NTT dengan jangka waktu selama tiga bulan, dengan suku bunga 6,25 persen per tahun.  Penempatan Dana dari Bank DKI ke Bank NTT ini merupakan bukti bahwa komunikasi antar bank yang tergabung di Asosiasi bank Daerah (Asbanda) Seluruh Indonesia terjalin baik.

“ Kegiatan hari ini merupakan bukti bahwa komunikasi Bank NTT dengan Bank Daerah yang tergabung di Asbada terjalin dengan baik. Soal teknis perjanjian antara Bank NTT dan Bank DKI, akan dilakukan oleh Divisi Treasury kedua bank,” jelasnya.

Menurutnya, perjanjian penempatan dana antara Bank DKI dan Bank NTT tersebut, dapat tercapai karena peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dimana fungsi pengawasan yang baik dari OJK, sehingga bisa Bank NTT bisa dipercaya.

Sementara itu Kepala Divisi Treasury Bank NTT Alexander Riwu Kaho menambahkan, penempatan dana ini  sebagai langkah antisipatif  bagi seluruh kantor operasional Bank NTT agar bisa memenuhi dana tunai nasabah di akhir tahun.

“ Kita hanya melakukan antisipatif agar ketersediaan dana pada akhir tahun di semua kantor operasional bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Perjanjian kerja sama ini, dilakukan oleh Kepala Divisi Treasury Bank NTT, Alex Riwu Kaho, dengan Kepala Divisi Treasury Bank DKI, Desy Lilya Dewi, dan disaksikan oleh PLT Direktur bank NTT, Eduardus Bria Seran, dan Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sidiarsi (*adv/user/fatur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here