Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Harus Dorong Produk SMK Masuk Pasaran.

0 8

Kupang, fokusnusatenggara.com / 8 Mei 2019

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan perlunya tindakan nyata untuk memasarkan produk yang dihasilkan lembaga pendidikan kejuruan semisal SMK. “Kita harus mendorong semua produk SMK ke pasaran. Baiknya masyarakat juga mengenal produk karya anak SMK putra-putri daerah kita NTT”, ujar Viktor BUngtilu Laiskodat saat menghadiri Gebyar SMK se NTT di alun-alun Kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan NTT ( 7/5).

Karena itu harap Gubernur Viktor agar semua masyarakat NTT dapat membantu dengan caranya masing –masing memperkenalkan dan membantu memasarkan produk –produk SMK. Karena itu diharapkan semua instansi pemerintah, OPD baik Propinsi maupun Kabupaten Kota dapat membantu.

“ Saya lihat ini produk –produk anak –anak SMK kita ini bagus –bagus. Kita bersama yang harus memulai mencintai memanfaatakan, juga membantu memasarkan. Karena itu kami akan dorong akan kita dorong, supaya seluruh industri pariwisata yang ada di NTT ini bisa mempergunakan hasil karya anak-anak SMK ini,” jelasnya.

Dia menambahkan perlunya melakukan fasilitasi yang lebih baik kedepannya bagi para siswa SMK. “Untuk kedepannya kita akan memfasilitasi dengan baik, memacu skill dan kemandirian mereka, sehingga apa yang mereka pelajari bisa menjadi inovasi-inovasi yang lebih baik dan mutunya pun dapat diakui ,” kata Viktor Bungtilu Laiskodat.

Gubernur Viktor juga memotivasi para siswa SMK untuk dapat memiliki keyakinan atas apa yang dipelajari dan apa yang dapat dihasilkan. Ini agar nantinya bisa dikembangkan menjadi produk-produk yang mampu mengisi kebutuhan pasar. “ Saya rasa kalau kita bersama memberdayakan semua produk SMK ini tentunya dapat menjadi lapangan pekerjaan dan akan turut membangun perekonomian di Provinsi NTT ,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Benyamin Lola dalam laporannya mengatakan Gebyar SMK ini sebagai suatu even untuk mendorong motivasi dan produktivitas siswa. Ini agar siswa/siswi mampu belajar dan siap bekerja secara optimal, guna menghasilkan produk-produk Inovatif enterpreneurship. JUga membentuk pola pikir atau mindset siswa, agar berperilaku hidup produktif dan mengurangi perilaku hidup konsumtif

“Sesuai dengan tema Gebyar SMK kali ini yakni Kreativitas Menyongsong Revolusi Industri 4.0, maka harus kita tandai dengan pemanfaatan IT yang besar pada berbagai bidang. Kita juga harus terus menerus meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan. Harus sesuai dengan kebutuhan era industri 4.0. Harapan berikutnya agar para SMK pun turut mampu untuk mengisi dan menciptakan lapangan kerja ,” kata Benyamin Lola. (Usif

Comments
Loading...