Dinas Pertanian Mabar Panen Sayuran Hultikultura

0
138
Loading...

Labuan Bajo, fokusnusatenggara.com / 28 Agustus 2019.

Dinas pertanian bersama pegawai penyuluh lapangan, dan beberapa kelompok tani Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur melakukan panen raya sayuran di Desa Nanga Nae, Kecamatan Komodo, Kabupaten itu, Senin (27/08/2019). Hadir juga dalam panen raya sayuran tersebut para pelaku pariwisata dan sejumlah pemilik hotel di Labuan Bajo.

“Selama ini ada stigma sayur-sayur yang ada di Labuan Bajo itu dibawa dari luar daerah, padahal petani kita yang suplai sayur ke pasar-pasar. Banyak kelompok tani binaan kita yang berhasil menyediakan stok sayur selama ini”, tutur Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Manggarai Barat Anggalinus Gapul di areal panen raya sayur-sayuran Poktan Sahabat Nanga, Senin (27/08/2019).

Ia mengemukakan tanaman hortikulturan berupa sayuran tersebut terdiri dari ketimun, tomat, peria, kol, brokoli, kacang panjang, kacang tanah, melon dan semangka yang merupakan komoditas unggulan kelompok tani sahabat nanga dan warga Mabar lainnya.

“Hasil panen sayuran tersebut dijual ke pasar-pasar tradisional seperti di pasar Wae Sambi selain itu petani langsung suplai ke hotel”, ungkap Gapul.

Dikatakan Gapul, Dinas pertanian juga lebih menekankan pada pengembangan pengelolaan pasca panen dan pemasaran. Hal ini berdampak pada meningkatnya mutu produk yang dihasilkan dan secara otomatis akan memberikan nilai tambah serta daya saing produk.

“Kita juga meminta poktan agar pengolahan produk lebih bagus lagi sehinga bisa diterima oleh hotel dan restoran, kita akan upayakan bantu pada pemasaran produk mereka ke pemilik hotel, restoran dan minimarket yang ada di Labuan Bajo”, kata Gapul.

Hal yang sama diungkapkan General Manager Jayakarya Hotel Labuan Bajo, Inri da Costa, Dia mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan kelompok tani di Manggarai Barat jika stok sayuran selalu tersedia.

“Bagi kami, ini suatu hal yang menguntungkan, tentu kedepan kita akan bekerjasama dengan kelompok tani yang ada tetapi syaratnya adalah stok selalu tersedia, selain itu mutu juga terjamin. Soal harga kita sesuaikan”, tutur Inri. ( Usif).


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here