Demokrat Usul Hak Angket Bank NTT

0 54

GSKdddeeerrrKUPANG,fokusnusatenggara.com- Fraksi Demokrat DPRD NTT akan segera mengusulkan Hak Angket (hak dengar pendapat) dengan pihak pemerintah dan Bank NTT, terkait sejumlah temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Perwakilan NTT, atas Operasional Bank NTT tahun buku 2013-2014.

Hal ini ditegaskan oleh Gabriel Suku Kotan, Anggota Fraksi Dermokrat DPRD NTT, dari Komisi III, siang tadi di Press Room DPRD NTT.

“ Kami dari Demokrat akan gunakan hak angket, untuk dengar penjelasan dari pihak Bank NTT terkait banyaknya temuan dalam LHP BPK RI, terutama soal pembagian dana tantiem dan jaspro tahun buku 2013 sebesar 9,1 milliar,” tegasnya.

Menurutnya, berdasarkan Tata Tertib DPRD NTT, Hak Angket adalah hak dari setiap anggota DPRD NTT, fraksi maupun lintas fraksi apabila terjadi rasa tidak puas atas penjelasan pemerintah dan Bank NTT dalam rapat komisi. Bahkan dirinya akan meminta kepada Fraksi Demokrat agar ditunjuk sebagai Ketua Tim Angket DPRD NTT.

Menurutnya apabila kemungkinan dalam hak angket, penjelasan Direksi Bank NTT kurang memuaskan dar sisi aturan pemberian tantiem maupun jaspro tahun buku 2013,  maka kemungkinan kita akan minta bentuk Pansus Bank NTT.

“ Kalau Hak angket tidak memuaskan kami akan usul Pansus. Ini adalah langkah politik yang secara aturan kami memiliki hak itu,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, (baca : http://fokusnusatenggara.com/ekbis/9-1-milliar-uang-bank-ntt-masuk-ke-kantong-direksi) BPK RI Perwakilan NTT dalam LHP Atas Operasional Bank NTT menemukan adanya kesalahan dalam pemberian tantiem dan jasa produksi tahun buku 2013 yang berpotensi rugikan Bank NTT sebesar Rp. 9.1 Milliar. (Laporan : Leonardo Jeffry Taolin)

 

Comments
Loading...