Bendungan Napung Gete Mulai Dikerjakan

0 73

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Dengan didahuli ritual adat,  Bendungan Napung Gete, yang terletak di Desa Ilin Medo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, akhirnya mulai dikerjakan.

15216108_714296705392050_643465059_oPembangunan Bendungan Napung Gete merupakan satu dari tujuh bendungan besar di NTT, yang merupakan program prioritas Presiden RI Joko Widodo. Sebelum Napung Gete, Pemerintah saat ini sedang membangun dua bendungan besar lainnya, yakni Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang dan Rotiklot di Belu.

Kamis, 24 November 2016 lalu, tahapan pekerjaan Bendungan Napung Gete dilaksanakan. Kegiatan awal dimulai dengan pembukaan jalan oleh masyarakat setempat menuju lokasi pekerjaan. Disaksikan Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera beserta seluruh Forkompimda Kabupaten Sikka, pembukaan jalan menuju lokasi tersebut, ditandai dengan upacara adat setempat, yang meminta persetujuan leluhur dan Tuhan, agar pelaksanaan pekerjaan ini dapat berhasil dan direstui.

“ Pembangunan bendungan ini diharapkan mampu mebawa perubahan dalam masyarakat Sikka, terutama di bidang pertanian dan peternakan. Bendungan ini juga nantinya akan menjadi pemasok kebutuhan air bersi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sikka. Peristiwa hari ini dengan adanya ritual adat, kita harapkan pekerjaan bendungan ini bisa berhasil dan mendapat restu dari leluhur dan Tuhan,” ungkap Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera, dihadapan seluruh masyarakat yang melakukan kegiatan pembukaan jalan menuju lokasi proyek.

Ansar Rera menambahkan, sebagai perwakilan masyarakat Sikka, dirinya sangat berharap agar dalam pelaksanaan pembangunan tersebut, pihak kontraktor pelaksana bisa merangkul serta memanfaatkan tenaga dari masyarakat lokal setempat, agar bisa diberdayakan dengan membantu pelaksanaan pekerjaan yang ada.

Bendungan Napung Gete ini, rencananya akan membutuhkan lahan seluas 161,61 ha dengan lebar puncak 6.00 meter, panjang puncak 560,97 m akan membutuhkan anggaran sebesar 800 miliar yang akan dialiri oleh sungai Napunggete. (John Da Gomez)

Comments
Loading...