Be Kraf Gali Potensi Di NTT Lewat FDG

0 54

KUPANG,fokusnusatenggara.com-  Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraf) Indonesia, dalam dua har mendatang (Kamis, 19-20 Mei 2016), akan melakukan Fokus Diskusi Grup (FDG) Penta Helix Steakholder NTT. Kegiatan ini dilakukan guna menggali potensi sektor Ekonomi Kreatif di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

IMG_3596Demikian sambutan yang disampaikan Deputi Hubungan Antar Wilayah dan Lembaga Be Kraf, Endah Wahyu Sulistianti, dalam pembukaan acara FDG siang tadi, ( Kamis, 19 Mei 2016) di Hotel On The Rock, Kupang-NTT.

Menurutnya, selama ini data yang dikumpulkan oleh Be Kraf terkait potensi Ekonomi Kreatif di NTT hanyalah bidang tenun ikat. Tetapi  kami yakin banyak potensi lain yang belum di explore lebih masif.

“ Untuk tenun ikat NTT memang sudah terkenal bukan saja di Indonesia tetapi manca negara. Tetapi kami sangat yakin ada sektor lain yang bisa dimaksimalkan lebih baik sehingga bisa menembus pasar internasional selain tenun ikat,” ungkapnya.

Untuk itu menurutnya, dalam kegiatan FDG ini, pihaknya akan membantu para peserta guna melakukan pemetaan akan potensi lain selain tenun ikat. Potensi Ekonomi kreatif tersebut diharapkan mampu manjdi ikon baru NTT selain tenun ikat.

“Be Kraf akan membantu NTT untuk lakukan pemetaan akan sektor lain selama kegiatan ini. sektor unggulan lain akan menjadi perhatian Be Kraf guna dioptimalkan dalam sisi pemasaran dan manejemen,” katanya.

Be Kraf sendiri menurutnya, adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden. Be Kraf dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 06 tahun 2015. Semula persoalan Ekonomi Kreatif menjadi bidang yang ditangani oleh Kementerian pariwisata.

Be Kraf sendiri mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.  (fatur)

Foto : Deputi Hubungan Antar Wilayah dan Lembaga Be Kraf, Endah Wahyu Sulistianti, dalam pembukaan kegiatan FDG di Hotel On The Rock Kupang, Kamis, 19 Mei 2016. (fatur)

Comments
Loading...