Bank NTT Soe Himpun 6.219 Nasabah Baru Melalui Simpel

0 74

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Sejak diluncurkan pada tahun lalu bersama Otoritas jasa Keuangan (OJK), program taungan Simpel (Simpanan Pelajar) milik Bank Pembangunan Daerah (BPD)- Bank NTT terus menunjukan trend positif. Bahkan setiap cabang diberikan target 10.000 nasabah baru, bukan sebuah halangan yang berarti guna meningkatkan minat menabung di Bank NTT.

Bank NTT Cabang Soe – Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) misalnya, hingga periode Mei 2017 berhasil membuka rekening baru dari Program Simpel sebanyak 6.219 rekening, dengan total dana yang terhimpun sebanyak Rp. 327. 924.500. Bahkan pihak Bank NTT Soe sangat optimis bahwa target 10,000 nasabah baru tahun ini bisa dicapai dalam triwulan kedua tahun buku berjalan.

“ Total hingga saat ini kami sudah kumpulkan dana sebesar Rp. 327,924.500. dari 6.219 nasabah baru. jumlah ini akan terus bertambah, seiirng dengan semakin meningkatnya minat anak siswa dari berbagai tingkatan sekolah yang mau menabung di Bank NTT. Bahkan kami optimis target dari kantor pusat bisa segera kami capai pada Triwulan ketiga tahun berjalan,” Jelas Melkias Benu, Kepala Bank NTT Cabang Soe, kepada fokusnusatenggara.com, Selasa, 13 Juni 2017.

Dijelaskannya, keberhasilan dalam meningkatkan jumlah nasabah yang menabung di Bank NTT tersebut atas semangat karyawan Bank NTT Soe, dalam memberikan sosialisai dan edukasi akan pentingnya menabung sejak dini bagi seluruh siswa di kabupaten TTS. Para pegawai Bank NTT Soe menurutnya, selalu turun ke setiap sekolah untuk memberikan sosialisai kepada para siswa, akan program Simpel serta mafaat kedepannya bagi investasi pendidikan.

“ Para pegawai kami selalu datangi sekolah yang ada di TTS guna melakukan sosialisasi ini. Bahkan dalam melakukan sosialisai tersebut pola pendekatan yang dilakukan juga cukup ramah dengan mengedepankan persuasif edukatif. Para siswa diajak untuk mencintai Bank NTT dengan cara menabung dan menata masa depan sejak dini. Sebab prinsip kami dengan menabung di Bank NTT, kita ikut membangun NTT,” paparnya.

Soal teknis pelaksanaan menurutnya, petugas Bank NTT yang terdiri dari  tiga orang staf, akan langsung mendatangi calon nasabah di setiap sekolah, untuk melakukan sosialisai sekaligus menjemput para nasabah baru.

bahkan prosesnya dibilang cukup sederhana, para nasabah baru hanya membawa foto copi akte kelahiran lalu melakukan setoran awal dengan nilai Rp. 5.000. bahkan para nasabah Tabungan Simpel ini, diberikan reward oleh Bank NTT.

“ Proses teknisnya sederhana sekali.  Mereka datang setor lalu kami siapkan administrasinya secara gratis. Selain itu kami juga memberikan reward berupa peralatan tulis dan sekolah bagi nasabah yang rajin dalam meningkatkan saldo tabungan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Devisi Dana Jasa Bank NTT, Ana Bere Tarak kepada fokusnusatenggara.commenjelaskan, hingga saat ini PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) berhasil menampung dana sebesar Rp. 3. 731. 719.329,000 ( Tiga Milliar Tujuh Ratus Tiga Puluh Satu Juta Tiga ratus Dua puluh Sembilan Ribu Rupiah), dari program Simpel atau Simpanan Pelajar.

Dana sebesar Rp. 3. 731. 719.329,000  tersebut, didapat dari pembukaan rekening baru sebanyak 115. 413 rekening dari 23 kantor cabang yang ada di NTT. Capaian ini dibilang cukup berhasil, sebab persaingan dunia perbankan dalam menarik minat masyarakat untuk menabung cukup kompetitif.

“ Kita akan berusaha tersebut dengan target yang diberikan yakni 1 juta rekening simpanan pelajar untuk tahun ini. Sebab prinsip kita adalah menabung di Bank NTT kita juga ikut membangun NTT. Dan semua cabang di NTT kita minta untuk gunakan pendekatan ini. Sejauh ini memang menunjukan hasil yang signifikan,” jelas Ana Bere Tarak, Kepala Divisi Dana Jasa Bank NTT kepada fokusnusatenggara.com, Senin 24 April 2017.

Berdasarkan data yang ada, menurutnya, dari 115.413 rekening baru yang dibuat, bank NTT Cabang Kupang menempati posisi pertama dengan total dana yang terhimpun sebesar Rp. 602. 799.160  dari total 8.211 rekening. Sedangkan Cabang Utama Surabaya menempati posisi buncit dengan total penghimpunan dana sebesar Rp. 1.060.000 dari 20 rekening baru. (Jeff Taolin/Adv)

Comments
Loading...