AirAsia QZ8501: Hingga hari keenam, jumlah korban yang ditemukan 10

0 48

---00000KUPANG,fokusnusatenggara.com- “Yang terkonfirm kepada saya, totalnya adalah 10 jenazah, di mana 8 sudah terkirim [ke Surabaya], 2 baru saja dievakuasi sekarang menuju Pangkalan Bun,” kata Kepala Basarnas Marsdya FHB Soelistyo dalam konferensi pers di markas Basarnas Kemayoran, Jakarta, siang tadi.

Sebelumnya beredar kabar bahwa sebuah kapal pencari bantuan dari Amerika Serikat telah menemukan sejumlah jenazah korban.

Namun Soelistyo mengatakan hal itu belum bisa dikonfirmasi. Ia juga menolak merinci temuan benda apa saja yang sudah dikumpulkan. Ia hanya mengatakan bahwa jenazah dan puing tersebar di area seluas lima kilometer persegi.

Upaya pencarian juga melibatkan pasukan selam TNI Angkatan Laut (AL), yang terdiri dari 14 personel Denjaka, 41 personel Kopaska, 7 personel Taifib dan 22 Pasukan Penyelam.

Mereka saat ini hanya sebatas membantu mengambil atau menemukan jenazah atau serpihan pesawat dan barang-barang milik penumpang yang ditemukan.

Komandan Tim (Dantim) Kopaska Kumai, Edi Tirtayasa mengatakan kepada kontributor BBC Indonesia bahwa tim selam belum bisa maksimal melakukan pencarian badan pesawat karena masih menunggu titik atau lokasi pasti badan pesawat yang masih dicari kapal-kapal yang dikerahkan unsur-unsur Basarnas maupun kapal bantuan dari negara-negara sahabat. (Sumber : Dikutip dari BBC indonesia.com)

 

Comments
Loading...